BID HUMASPOLRESPOLRESTA PALU

Kapolresta Palu Turun Langsung Pelaksanaan Sholat led

Tribratanews PALU – Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah meninjau langsung lokasi-lokasi atau titik pelaksanaan Sholat Id umat Muhammadiyah di Kota Palu, Jumat (21/04/2023).

Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H. terlihat bersama para pejabat utama Polresta Palu mendatangi lokasi sholat di Kompleks Perguruan Muhammdiyah Al-Haq Palu, Jalan Letjend Soeprapto, sebelum Sholat Id dimulai. Kemudian kapolresta bersama rombongan melanjutkan peninjuan situasi keamanan pelaksanaan Salat id di halaman Unismuh Palu.

Kapolresta mengatakan, pihaknya turun langsung untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polresta Palu, khususnya di sejumlah lokasi pelaksanaan sholat id umat Muhammadiyah.

“Kita harapkan kondusifitas di Kota Palu selama lebaran dapat terus terjaga, untuk itu saya minta peran seluruh pihak bukan hanya kepolisian melainkan seluruh eleman masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga toleransi,sehingga daerah kita senantiasa kondusif,” ucapnya.

Mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas selama Idul Fitri, Polresta Palu mendirikan sebanyak 12 Pos yang terdiri dari 5 pos pengamanan (Pospam), 4 Pos Pelayanan (Posyan) serta 3 Pos Terpadu.

Untuk Pospam terdapat di sejumlah titik di antaranya Grand Mall Palu, Kompleks Palu Plaza, Pasar Inpres Manonda, dan Persimpangan Jalan Towua-Basuki Rahmat.Sementara Posyan, terdapat di Terminal Tipo, Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Tawaeli dan Bundaran Palupi l, sedangkan Pos Terpadu terdapat di Pelabuhan Pantoloan, Terminal Mamboro, dan Bandara Mutiara Sis Aljufri.

“Titik penempatan pos di sejumlah titik itu kerena dinilai wilayah-wilayah tersebut cukup rawan saat lebaran maupun pascalebaran” jelas kapolresta.

Sebanyak 405 personel gabungan terdiri Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Kantor SAR Palu, Damkarmat, Dinkes dan Senkom dilibatkan dalam Operasi Ketupat Tinombala 2023.