BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakpolda Sulteng Hadiri Hardiknas di Kantor Gubernur

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Agus Nugroho yang diwakili Wakapolda Brigejn Pol Hery Santoso menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023, Selasa 2 Mei 2023, di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulteng.

Dalam acara tersebut Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Wakil Gubernur (Wagub) Drs. H. Ma’mun Amir secara simbolis menyerahkan tablet tambah darah kepada siswi perwakilan dari SMAN 9 Palu yang juga diikuti ribuan siswi se-Sulteng secara virtual.

Lebih lanjut, dalam sambutan Gubernur, Wagub H. Ma’mun Amir menjelaskan, berdasarkan survei study status gizi Indonesia tahun 2021 prevalensi stunting di provinsi Sulawesi Tengah sebesar 29,7 diatas rata-rata nasional sebesar 24,4 persen, Tahun 2022 turun menjadi 28,2 persen, sementara target RPJMN 2024 14,5 persen.

Menurutnya, berdasarkan Perpres no. 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, remaja putri menjadi salah satu dari 5 sasaran pelaksanaan percepatan penurunan stunting.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mencanangkan kegiatan aksi bergizi dengan sasaran remaja putri dengan tiga intervensi utama yakni yang pertama sarapan dan minum bersama di sekolah, kedua edukasi gizi yang bersifat multi sektor dan yang ketiga komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.(fn)