POLRES BANGGAI

Bikin Bangga, Ini Kisah Mulia Polsek Nuhon Untuk Suku Kini dan Suku Tiboboi

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepedulian kepolisian terhadap warganya diwujudkan kepada berbagai element masyarakat. Tidak terkecuali masyarakat pedalaman dan tertinggal seperti Komunitas Adat Terpencil (KAT) yakni Suku Kini dan Suku Tiboboi.

Kendati demikian Polsek Nuhon, telah melakukan upaya mulia, mengunjungi dan memberikan bantuan sosial terhadap masyarakat yang masuk dalam Dusun Kohoas Desa Tobelombang, Kecamatan Nuhon, Banggai.

Upaya dilakukan dengan mengendarai sepeda motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan menyusuri pinggir sungai.

“Kami berjalan kaki menyusuri bantaran Sungai Tobelombang dengan 12 kali penyebrangan sungai,” sebutnya.

Kegiatan kemanusiaan ini sambil bersilahturahmi terhadap Suku Kini dan Suku Tiboboi juga memberikan bantuan alat tulis menulis bagi siswa/siswi sekolah dasar.

Aksi mulia yang membuat masyarakat diwilayah tersebut gembira itu dipimpin oleh Kapolsek Nuhon IPTU Budi Susanto Putra Lubis bersama Kades Tobelombang Wolter Lahasima, Selasa (16/5/2023).

“Selain memberikan bantuan peralatan sekolah, kami juga bersilahturahmi dengan warga Suku Kini dan Suku Tiboboi memberikan pemahaman hukum,” sebutnya.

Dari Polsek Nuhon, untuk menuju lokasi tersebut, Kapolsek Nuhon dan personil harus berjalan kaki selama 2 jam. Dan jarak tempuh pulang pergi yakni berkisar 74 KM.

“Perjalanan yang cukup melelahkan, namun terobati ketika melihat masyarakat suku Kini dan suku Tiboboi tersenyum Bahagia saat menyambut kami,” ucapnya.

IPTU Budi mengatakan bahwa Polsek Nuhon akan terus menjangkau lagi kepada komunitas suku terpencil lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa.

Sementara, Kepala Desa Tobelombang mengatakan tak henti-hentinya berterima kasih pada pihak Polsek Nuhon karena selama 30 tahun masyarakat mendiami Dusun Kohoas, baru pertama kali ini di kunjungi dan melihat langsung Polisi.

“Terima kasih pak Kapolsek yang sudah mengunjungi dan bersilahturahmi serta perhatian pendidikannya dengan masyarakat suku Kini dan suku Tiboboi di di Dusun Kohoas,” ucapnya.*Humas Polres Banggai