BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Pimpin Upacara Kebangkitan Nasional Ke 155, Ini Harapan Plt Menkominfo RI

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Agus Nugroho menghadiri sekaligus pimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-155 Tahun 2023, Senin 22 Mei 2023, dilapangan apel Mapolda.

Upacara yang mengusung tema mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit” itu dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Hery Santoso, Irwasda Kombes Pol Asep Ahdiatna dan para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama serta para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulteng membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Moh. Mahfud MD.

Dalam sambutannya, Mahfud MD mengatakan bahwa seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur,” ucap Kapolda.

Kapolda Sulteng juga menambahkan bahwa Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga maknai dengan memperingati perjuangan bersama.

“Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” tuturnya.

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Kapolda Sulteng juga mengungkapkan bahwa tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” ajaknya.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!,” tutup Kapolda.(fn)