BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Cek Dua Alat Terbaru Milik Direktorat Samapta, Berikut Penjelasannya

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH menyaksikan sekaligus mengecek peragaan dua alat baru yang dimiliki Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sulteng, Senin 5 Juni 2023.

Dua alat bantuan Korps Sabhara Baharkam Polri itu yakni satu unit kendaraan Watergane dan satu unit kendaraan drone UV Vtol.

Peragaan berlangsung didepan Markas Komando (Mako) Polda Sulteng dipimpin langsung Direktur Samapta (Dirsamapta) Polda Sulteng Kombes Pol. Richard B. Pakpahan,SIK, SH, MH dan turut disaksikan para Pejabat Utama (PJU) dan personel Polda Sulteng.

“Kendaraan atau alat watergane adalah kendaraan untuk menghasilkan air bersih yang dapat diminum. Alat ini menyerap oksigen untuk diolah menjadi air minum,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, satu jam alat watergane beroperasi mampu menyerap oksigen untuk diolah menjadi air minum kurang lebih 1 galon atau 15 liter.

“Tentunya alat ini akan digunakan apabila kita menghadapi bencana alam dengan dihadapkan dengan situasi kesulitan air bersih atau air minum,” ujarnya.

Sedangkan drone UV Vtol berfungsi untuk memantau situasi seperti kegiatan unjuk rasa yang mampu menjelajah dengan ketinggian 200 meter hingga 400 meter, dengan jarak terbang yang cukup jauh,” ujar Dirsamapta Polda Sulteng

Mantan Wadirreskrimum Polda Sulteng itu juga menyebutkan drone tersebut difungsikan selain untuk memantau saat ada unjuk rasa, juga difungsikan dalam situasi bencana alam dan merekam situasi kondisi lokasi bencana termasuk membantu melakukan pencarian korban.

“Diharapkan dengan adanya kedua alat ini dapat memudahkan Kepolisian saat menangani bencana alam utamanya untuk memperoleh gambaran situasi, pencarian korban dan membantu pengadaan air bersih yang siap minum,” pungkasnya.(fn)