BID HUMASPOLRESPOLRES POSOSATKER

Satuan Samapta Polres Poso Rutin Patroli Kota Presisi Tadulako

Satuan Samapta Polres Poso melaksanakan Kegiatan Patroli Kota Presisi Tadulako di wilayah Kecamatan Poso Kota Bersaudara, Kabupaten Poso. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di masyarakat serta mencegah terjadinya tindak kejahatan di wilayah tersebut. Sabtu(24/06/23).

Kegiatan patroli ini melibatkan personil Satuan Samapta Polres Poso yang terdiri dari beberapa anggota yang telah dilatih secara khusus dalam penanganan situasi keamanan di lingkungan masyarakat. Patroli dilakukan di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Kayamanya, Kelurahan Gebangrejo, dan Kelurahan Kasintuwu.

Patroli ini mengincar beberapa sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Pertama, petugas patroli fokus pada pengaturan lalu lintas di depan sekolah untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dan membantu siswa-siswi menyeberang dengan aman. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran aktivitas belajar-mengajar di sekolah.

Selanjutnya, personil patroli juga berusaha mencegah terjadinya tindak pencurian dan penyebaran atau penggunaan narkotika. Mereka melakukan kegiatan tatap muka dengan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait rawannya kasus pencurian, penyebaran narkotika, penipuan, dan penggelapan di tengah masyarakat. Dengan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban meningkat.

Pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm juga menjadi sasaran patroli ini. Personil patroli menghentikan pengendara yang tidak menggunakan helm dan memberikan himbauan agar selalu mematuhi aturan dalam berkendara dan berlalu lintas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengendara akan pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Selama pelaksanaan patroli, personil Satuan Samapta Polres Poso juga melakukan observasi dan pengamatan terhadap objek-objek yang dilalui sesuai dengan wilayah patroli. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi potensi ancaman keamanan dan mengantisipasinya dengan cepat.

Hasil yang dicapai dari kegiatan patroli ini sangat positif. Masyarakat merespon dengan baik kehadiran personil patroli dan menerima pesan-pesan Kamtibmas yang disampaikan. Kegiatan ini telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setempat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah, Satuan Samapta Polres Poso akan terus melaksanakan kegiatan patroli rutin. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tingkat kejahatan dapat ditekan, serta masyarakat dapat hidup dalam suasana yang aman dan tenteram.humas