POLRESPOLRES SIGI

Polres Sigi Gelar Apel Launching Pembentukan Polisi RW

SIGI, – Senin (26/6/2023) pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan apel Mapolres Sigi, Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak,S.H.,S.I.K.,M.H Pimpin Apel Launching Polisi RW Polres Sigi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres Sigi, para Pejabat Utama Polres Sigi, dan Personel Polres Sigi.

Dalam amanatnya Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak,S.H.,S.I.K.,M.H menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai respon terhadap tugas yang semakin kompleks yang dihadapi oleh Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Tujuan dari Launching Polisi RW adalah Pemolisian masyarakat dalam bentuk Polisi RW (Rukun Warga) untuk menciptakan suasana kondusif di masyarakat (Cooling System) di wilayah tugasnya masing-masing.

Polisi RW adalah anggota polri yang disiapkan dan ditugaskan di wilayah RW dan sejenisnya untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat, membangun komunitas yang dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam meniadakan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban serta menciptakan ketentraman dan mendukung terwujudnya kualitas kehidupan masyarakat dengan harapan nantinya akan berdampak terciptanya kamtibmas aman dan kondusif pada lingkungan masyarakat.

Diharapkan Polisi RW (Rukun Warga) yang bertugas dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif, dengan mengedepankan kearifan budaya lokal, terutama menjelang Pemilu 2024.

Selanjutnya Kapolres mengatakan bahwa Polisi RW ini merupakan Program Kapolri yang tentunya bisa mendekatkan Polri dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas dengan berbasis kewilayahan. Selain itu, tujuan pembentukan Polisi RW yaitu guna penyelesaian permasalahan dengan cepat dan mencegah terbentuknya potensi kejahatan, sehingga seluruh faktor-faktor terbukanya ruang gangguan kamtibmas bisa dihilangkan.

Diketahui Sebanyak 10 Personil Polres Sigi tugaskan untuk menjadi Polisi RW yang tersebar di 5 Kelurahan/Desa se-kabupaten sigi antara lain Desa Bora, Desa Kulukubula, Desa Kotarindau, Desa Tulo, Desa Tinggede, Desa Baliase, Desa Makmur, Desa Bobo, Desa Bolapapu Dan Desa Watukilo.

(Humas Polres Sigi)