POLRES TOUNA

Kabag Ren Polres Touna Hadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kabag Ren Polres Touna AKP Rahim Malingga mewakili Kapolres Touna hadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah dalam rangka Pengendalian Inflasi Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Kabupaten Touna, di Taman JH Ampana, Kecamatan Ampana Kota, Senin (26/06/23).

Kegiatan yang diselanggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Touna ini juga dihadiri Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nawatsara Panjili, SE, M.Si, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Touna, Mahdi, SP, Ketua TP-PKK Kabupaten Touna, Ny. Femy Luther Lahay, SKM serta sejumlah pejabat unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Touna, Mahdi dalam laporan panitia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional No. 655/TS.02.02/89/06/2023 tentang persiapan Gerakan Pangan Serentak Nasional.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menstabilisasi pasokan dan harga bahan pokok di tingkat produsen dan konsumen serta memberikan kemudahan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat,” kata Mahdi.

“Kabupaten Touna mendapatkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah kurang lebih 506 Ton beras dari pusat yang di salurkan melalui Badan Pangan Nasional dan dari Provinsi Sulawesi Tengah kurang lebih 35.172 Ton Beras di peruntukan untuk 40 Desa dan 12 Kecamatan yang berada di Kabupaten Touna,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka menstabilisasi pasokan harga dan pangan serta pengendalian inflasi tahun 2023, perlu dilakukan langkah-langkah aksi di lapangan antara lain kegiatan stabilisasi pasokan harga dan pangan melalui kegiatan Gerakan Harga Pangan Murah (SPHP GPM).

“Tujuan diadakan kegiatan Gerakan Pangan murah ini untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis baik di tingkat Produsen maupun konsumen dan meningkatkan daya beli pangan pokok untuk masyarakat,” ucap Wakil Bupati Ilham.

Menurut Wakil Bupati, dengan di adakan Gerakan pangan murah dapat membawah manfaat bagi masyarakat Kabupaten Touna, Khususnya umat Muslim yang akan melaksanakan Hari Raya Idhul Adha 1444 H dalam beberapa hari kedepan.

Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Daerah berharap semoga dengan adanya Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan di Kabupaten Touna ini dapat menekan lajunya Inflasi yang terjadi saat ini,” tandas Wakil Bupati.*Humas*