BID HUMASSATKER

Polres Bangggai Bersama Kodim 1308 Bersih-Bersih Pesisir Pantai dan Penanaman Pohon

Banggai, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kampanye selamatkan laut terus digaungkan LSM GAM Kabupaten Banggai, sebuah organisasi aktifis lingkungan hidup.

Kamis 13 Juli 2023, LSM GAM Banggai menggandeng Pemerintah Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur membersihkan pesisir pantai dan menanam pohon di pesisir pantai Desa tersebut, dalam kampanye selamatkan laut.

Bersih-bersih pesisir pantai dilaksanakan sejak pukul 07.30 Wita, lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon sampai pukul 10.00 Wita.

Bersih-bersih pesisir pantai dan penanaman pohon juga melibatkan Anggota Polres Bangggai dan Kodim 1308 Luwuk Bangggai.

Total sampah yang berhasil dipungut di pesisir pantai Desa Kayutanyo sekitar 10 karung. Sampah-sampah itu didominasi oleh plastik kemasan mineral, popok, hingga pakaian bekas.

Sementara pohon Ketapang Kencana yang berhasil ditanam sekitar 50 pohon yang tersebar di sejumlah titik.

Pada momentum ini, pemerintah Desa Kayutanyo turut mengampanyekan agar menjaga laut dari sampah plastik. Sebab, desa yang mayoritas bekerja sebagai nelayan ini dinilai penting untuk terlibat dalam perlindungan laut dari sampah plastik.

“Demi bersihkan melindungi biota laut, kalau bisa kurangi penggunaan plastik, apalagi sampai ke laut. Hari ini kita bersihkan banyak sampah plastik,” jelas Kepala Desa Kayutanyo, Yanti R. Saini.

Yanti mengajak seluruh aparatur desa, BPD Kayutanyo, dan pemerintah Kecamatan Luwuk Timur untuk sama-sama terlibat memungut sampah dan menanam pohon. Menariknya, para ibu rumah tangga juga ikut terlibat.

Sebagai langkah pencegahan, plang agar tidak membuang sampah ke laut serta mengurangi sampah plastik telah dipasang pemerintah desa setempat seusai memungut sampah.

Ketua LSM GAM Banggai Lahmuddin Massa mengatakan, sampah yang dipungut tidak hanya berasal dari Desa Kayutanyo, tetapi juga terdapat sampah kiriman.

“Dari mana pun sampah itu, yang jelas penggunaan plastik yang tidak terkontrol sudah mencemari laut. Itu terlihat dari yang kita pungut,” katanya.

Selain itu, ia berharap pohon Ketapang Kencana yang ditanam agar dijaga bersama-sama, tidak hanya pemerintah desa saja, tetapi juga seluruh masyarakat Desa Kayutanyo. (ab)