POLRESPOLRES BANGGAI

Bahas Tuntutan, Polsek Batui Pengamanan dan Mediasi PT. Sawindo Dengan Kelompok KSWS

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polsek Batui melakukan pengamanan dan mediasi terkait permasalahan antara PT. Sawindo dengan Koperasi Sawit Widya Sejahtera (KSWS), Selasa (18/7/2023).

Kegiatan mediasi dilaksanakan di Ruang Rapat Camat Batui ini terkait pembayaran hasil panen buah sawit dan tumpeng tindih lokasi milik warga.

Hadir dalam mediasi tersebut antara lain Wakapolsek Batui IPTU Karmariwandi, SH, Camat Batui, Kabag SDA Banggai, Koramil Batui, Perwakilan PT.Sawindo, dan Ketua KSWS.

Wakapolsek Batui menyampaikan kelompok KSWS melakukan aksi dikarenakan menajemen PT. Sawindo tidak menepati janji/kesepakatan dimana melakukan pembayaran Hasil Panen oleh Kelompok (KSWS) selama 2 bulan dari April dan Mei.

“Hasil panen akan dibyarkan pada bulan juli dengan Potongan 3,5% dari hasil Panen, namun hingga saat ini PT Sawindo Tidak melakukan membayaran hasil panen Kelompok KSWS tanpa alasan yang pasti,” ujarnya.

Ia berharap agar kedua belah pihak bisa menyikapi bersama dengan hati yang dingin agar permasalahan ini dapat diselesaikan dan yang terpenting kedua belah pihak dapat saling menjaga Kamtibmas.

IPTU Karmariwandi juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil langkah-langkah persuasif yaitu dengan melaksanakan penggalangan terhadap pihak KSWS yang pada Senin (17/7/2023) sempat melakukan aksi.

“Mediasi ini merupakan aksi tindak lanjut kemarin. Dan kita bersyukur dalam kegiatan ini berjalan dengan baik, aman serta kondusif, sehingga didapati kesepakatan bersama,” ungkapnya.

Adapun hasil dari rapat mediasi tersebut yaitu akan dibentuk tim verifikasi yang melibatkan semua unsur pemerintah dengan masing-masing pihak menyiapkan dokumen serta melibatkan pihak notaris yang rencananya dimulai pada 25 Juli 2023.*Humas Polres Banggai