BID HUMASGeneralNewsSATKER

Polsek Walea Kepulauan Bersama TNKT Gelar Patroli Gabungan Cegah Ilegal Fishing

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Personel Polsek Walea Kepulauan Polres Touna Bersama Personel Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) Wilayah III Kecamatan Walea Kepulauan dan Kecamatan Walea Besar menggelar Patroli Gabungan untuk mencegah illegal fishing, Senin (07/08/2023).

Patroli gabungan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Walea Kepulauan IPDA I Gusti Made Ary Candra, SH bersama Kepala Seksi Pengelolaan TNKT Wilayah III  Hariadi Siswantoro, SSI, M.Si.

Kapolsek Walea Kepulauan IPDA I Gusti Made Ary Candra mengatakan, Patroli gabungan tersebut menggunakan 3 unit perahu dengan sasaran utama adalah Pulau Tanjung Kramat yang berada di ujung Desa Kondongan, Kecamatan Walea Besar yang termonitor seringnya terjadi pelanggaran Illegal Fishing (penangkapan ikan dengan cara pemboman ikan dan pembiusan ikan di dalam laut).

“Setelah sampai di Pulau Tanjung Kramat ujung Desa Kondongan Kecamatan Walea Besar, Personil gabungan mendapatkan 4 orang warga masyarakat dengan 4 unit perahu miliknya yang bukan warga Kabubaten Touna melainkan Warga Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai yang sedang beristirahat pinggir pantai di Pulau Tanjung Kramat setelah melakukan penangkapan ikan pada malam hari,” kata Kapolsek.

Lanjut kata Kapolsek, Personil Patroli Gabungan melakukan pemeriksaan di dalam perahu dan memberikan himbauan kepada warga tersebut untuk tidak melakukan penangkapan ikan secara pemboman ikan dan pembiusan (Ilegal Fishing).

“Setelah memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang berada pinggir pantai di Pulau Tanjung Kramat, Personil patroli gabungan beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan patroli ke wilayah Kecamatan Walea Kepulauan tepatnya di Desa Kolami untuk memonitor terumbu karang yang berada di Desa Kolami Kecamaatan Walea Kepulauan,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menambahkan  Patroli gabungan Personil Polsek Wakep bersama  Personil TNKT (Taman Nasional Kepulauan Togean) wilayah III adalah kegiatan rutin dilaksanakan  dengan tujuan mencegah terjadinya Ilegal Fishing di perairan laut yaitu wilayah Kecamatan Walea Besar dan Kecamatan Walea Kepulauan.

“Selama Patroli berlangsung, Personil gabungan tidak menemukan warga nelayan yang melakukan penangkapan ikan secara illegal dan situasi perairan masih aman dan terkendali,” tukasnya. (ab)