GeneralNewsPOLRESPOLRES TOLI-TOLI

Penanaman Pohon Serentak “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini” Di Wilayah Kota Tolitoli

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, Polri melaksanakan gerakan serentak penghijauan penanaman pohon secara serentak seluruh Indonesia, Rabu (23/8/2023).

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Polri Lestarikan Negri Penghijauan Sejak Dini “Polres Tolitoli juga ikut melaksanakan penghijauan penanaman pohon jenis Mangrove, Bertempat di bibir pantai Tanjung Batu Kelurahahn Baru, Polres Tolitoli bersama dengan TNI dan Forkopimda dan Mahasiswa KKN STIE Mujahidin Tolitoli melaksanakan penanaman pohon Mangrove sebanyak 550 pohon.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Tolitoli KOMPOL Gede Suara, S.H., Danramil Baolan beserta anggota, Lanal Tolitoli,  Pegawai Kecamatan Baolan dan Pegawai Kelurahan Baru serta Mahasiswa KKN STIE Mujahidin Tolitoli dan Seluruh Personil Polres Tolitoli, Toga dan Tomas beserta masyarakat sekitar Tanjung Batu Kelurahah Baolan.

Wakapolres Tolitoli KOMPOL Gede Suara, S.H., menjelaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan harapan nantinya dengan penanaman pohon mangrove akan mampu melestarikan alam dan mengurangi resiko abrasi pantai.

“Satu bibit mangrove yang kita tanam merupakan penyelamatan terhadap bumi kita, tanaman mangrove merupakan tanaman penyanggah dan paru – paru dunia,” tegasnya.

Wakapolres Tolitoli mengatakn dipilihnya Tanjung Batu Kelurahan Baolan ini sebagai tempat penanaman mangrove dikarenakan daerah tersebut mengalami abrasi cukup berat.

“Dimana radius pengikisan air tersebut terlalu tajam dan jauh, jadi diupayakan untuk memperlambat erosi berat ini dengan penanaman mangrove,” ujar Wakapolres.

Ia menambahkan agar tanaman mangrove tersebut tetap hidup pihaknya berupaya untuk menjaga agar tumbuh subur dan tidak diterjang gelombang, “Maka kita akan bekerjasama dengan desa setempat untuk menjaga tanaman mangrove ini tetap hidup,”tutup KOMPOL Gede Suara, S.H.

Sementara itu, Camat Baolan mengucapkan apresiasi terhadap TNI POLRI yang selama ini telah melaksanakan penanaman mangrove di wilayah Kabupaten Tolitoli, khususnya pada pagi hari ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78.

“Kegiatan ini sangat penting dikarenakan abrasi di wilayah Kabupaten Tolitoli sudah perlu menjadi perhatian bersama. Beberapa waktu yang lalu, abrasi pantai sudah sampai di pemukiman warga. Pemerintah Kabupaten Tolitoli sangat mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove,dan diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dengan maksud untuk mengurangi dampak dari abrasi,” ucap Camat.