BID HUMASGeneralHUKUMNewsSATKER

Pasca Tawuran Antar Pemuda, Sinergitas TNI-Polri Patroli dan Bubarkan Massa

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Pasca terjadinya tawuran antar pemuda Desa Balaang dan Desa Bolobungkang Kecamatan Nuhon, Banggai yang terjadi di lokasi Nuhon Expo Desa Bolobungkang, Personil TNI Polri melaksanakan patroli mengurai massa, Selasa (5/9/2023) pukul 00.50 Wita.

“Petugas Gabungan yang terdiri dari Polsek Bunta, Polsek Nuhon dan Koramil Bunta melakukan negosiasi dan patroli untuk membubarkan massa pasca bentrok antar pemuda desa,” ujar Kapolsek Nuhon Iptu Budi Susanto Putra Lubis.

Kapolsek Nuhon mengatakan aksi tawuran tersebut terjadi usai pergelaran Penutupan Nuhon Expo ke-2 tahun 2023 yang di tutup oleh Bupati Banggai Ir. Amiruddin Tamoreka, MM.

“Perselisihan terjadi sesaat berakhirnya music King’S Audio Band dan Musik Dero Dj Rival. Dimana para pengunjung dalam perjalanan pulang kerumah masing-masing” ujarnya.

Patroli yang dipimpin oleh Kapolsek Nuhon ini bertujuan untuk memantau lokasi tawuran untuk memulihkan situasi agar kondusif kembali.

Lanjut ia, akibat kejadian itu pemuda kedua desa saling waspada, sehingga sempat terjadi konsentrasi berkumpulnya masa dengan membawa kayu dan batu seperti yang terpantau di Jalan Trans Desa Tomeang.

“Seluruh personil gabungan lebih mengutamakan sikap humanis dan komunikatif dalam menenangkan massa,” ujar Kapolsek.

Petugas memberikan himbauan kamtibmas serta mengajak masyarakat untuk segera mencari jalan musyawarah mufakat guna mencapai kesepakatan perdamaian.

“Agar masalah yang dihadapi saat ini segera berakhir sehingga tidak mengganggu segala aktifitas sehari – hari, tidak menghambat jalannya perekonomian serta tidak berdampak pada warga desa lainnya,” imbaunya.

“Sambil mengajak para pemuda untuk tetap menjaga kamtibmas sehingga tidak terjadi konflik lanjutan dan meminta untuk bubar kembali ke rumahnya masing-masing,” tandas Iptu Budi. (fn)