POLRES BANGGAI

Sinergitas TNI-Polri Datangi Kebakaran Lahan di Desa Tombang, Pagimana

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Mendapati laporan dari masyarakat tentang adanya titik api kebakaran hutan dan lahan, Bhabinkamtibmas Bripka M. Fajri dan Babinsa Koptu Nasrun mendatangi lokasi, Kamis (7/9/2023) pukul 20.30 Wita.

Kapolsek Pagimana AKP Makmur, SH yang mendapati laporan tersebut langsung memerintahkan Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan Babinsa serta Pemerintah Desa Tombang untuk mendatangi TKP.

“Titik api berada di wilayah hutan padang Desa Tombang Kecamatan Pagimana, Banggai,” ujar AKP Makmur.

Sekitar pukul 20.45 Wita, TNI Polri bersama warga mendatangi lokasi kejadian untuk berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Dan tidak lama kemudian datanglah tim BPBD Banggai, bergabung bersama padamkan api.

Kapolsek mengatakan bahwa saat ini masih melakukan penyelidikan apakah terjadinya kebakaran memang ada unsur kesengajaan atau tidak, jika pun ada akan kami memprosesnya sesuai aturan berlaku.

“Dugaan sementara kebakaran tersebut terjadi akibat cuaca panas yang ekstrim. Kemudian banyaknya dahan maupun ranting yang sudah kering sehingga terjadi gesekan dan memicu kebakaran,” katanya.

“Di karenakan tiupan angin yang cukup kencang, maka api cepat merambat hingga ke perkebunan warga. Dari kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa,” sambungnya.

Ia juga menghimbau agar warga tidak ada melakukan kegiatan pembersihan atau pembukaan lahan dengan cara dibakar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

“Bahwa diperkirakan luas lahan hutan/kebun warga yang terbakar mencapai tujuh hektar,” sebut Makmur, mengakhiri.*Humas Polres Banggai