POLRES BANGGAI

Bhabinkamtibmas Polsek Batui Mediasi Masalah Antara Petani Sawah Dengan Petani Sawit

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Batui Aiptu Mustafa melakukan problem solving kepada masyarakat yang mempunyai masalah, Jumat (8/9/2023) pagi di Balai Dusun III Desa Sukamaju 1.

“Kita membantu masyarakat selesaikan masalah antar petani padi dengan petani sawit,” kata Aipda Mustafa.

Ia menceritakan sekitar seminggu yang lalu ada protes dari para petani padi yang melarang adanya penanaman pohon sawit di Area Persawahan di dusun III Desa Sukamaju 1, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

“Persoalan lahan yang ditanami tanaman sawit diarea persawahan oleh petani sawit bapak BU dan bapak MU warga setempat dilahannya sendiri mendapatkan protes dari petani padi,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa larang warga tersebut karena tanaman sawit bisa berdampak buruk bagi padi mereka. Dimana akan kehilangan kesuburan dan sumber air di area persawahan.

“Kemudian warga mengadukan kejadian ini kepada pemerintah desa setempat lalu diteruskan kejadiannya kepada Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju 1,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Batui.

Setelah melaksanakan musyawarah, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif,” ucap Mustafa.*Humas Polres Banggai