POLRESPOLRES BUOL

Polres Buol Gelar Samjas Periode Kedua Tahun 2023, Guna Mengecek Kebugaran Personel Jelang Pengamanan Pemilu 2024

Ratusan Personel Polres Buol dan Polsek jajaran mengikuti tes kemampuan Fisik dengan mengikuti Samjas (Kesamaptaan Jasmani) Periode kedua Tahun 2023 yang digelar dihalaman Mapolres Buol, Rabu (13/09/23) sekitar pukul 08.30 WITA.

Adapun rangkaian pengujian diawali dengan pengukuran tekanan darah untuk mengetahui fisik apakah mampu mengikuti ujian atau tidak, setelah dinyatakan layak maka dimulai dengan uji Kesamaptaan A berupa lari 12 (Dua belas) menit yang dilepas langsung Kapolres Buol yang diwakili Kabag SDM AKP Sunaryo Tokii, SH.

Selanjutnya test Kesamaptaan ‘ B’ terdiri dari Pull Up/Chining, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run yang kesemuanya dilaksanakan dilapangan apel Polres Buol dengan penilaian dari Tim Jasmani Biro SDM Polda Sulteng bersama Polres Buol yang dipimpin Katim Pembina Indra Irawan, SH.

Kegiatan yang diikuti para Pejabat Utama, Perwira Staf, Bintara dan PNS Polri dilingkup Polres Buol ini dilaksanakan selama dua hari dimulai sejak Selasa kemarin (12/09/23).

Kabag SDM sebelum pelaksanaan berpesan kepada seluruh Personel untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh dimana akan menjadi salah satu titik dalam implementasi 13 komponen sesuai dengan program prioritas Kapolri.

“Pelaksanaan ujian yang dilaksankan setiap 6 bulan selain untuk mengukur standar kemampuan fisik setiap Personel, hasilnya juga penilaian terhadap personel yang akan mengikuti seleksi, sekolah maupun jabatan dalam pembinaan karir” Terang Kabag SDM.

“Kesamaptaan ini akan dijadikan sebagai tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani bagi yang akan melaksanakan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sebagai upaya polri dalam menciptakan personel yang unggul serta berintegritas” ujar Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K saat menyaksikan pelaksanaan tes.

“Pelaksanaan Tes ini juga bermaksud untuk mengetahui kondisi fisik Personel Polres Buol dalam kesiapan pelaksanaan tugas sehari-hari serta kesiapan pengamanan tahapan pemilu 2024 diwilayah Kabupaten Buol” tambah Kasihumas Ipda Ridwan, S. IP.