LatestNewsPOLRES BANGGAI

TNI-Polri Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Karhutla Tiga Ha di Toili

Banggai – Tim Pencegahan Karhutla Kacamatan Toili yang terdiri dari TNI-Polri dan relawan masyarakat kembali bergerak untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada wilayah hukumnya.

Berdasarkan penyampaian Kapolsek Toili, IPTU Nanang Afrioko, SH, MH, karhutla tersebut terjadi di Desa Jaya Kencana Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Kamis (26/10/2023) siang.

“Polsek Toili mengerahkan Bhabinkamtibmas untuk membantu upaya pemadaman karhutla di kawasan tersebut, yang diketahui terjadi sekitar pukul 14.00 WITA,” ungkap Kapolsek.

“Yang turut dilakukan bersama rekan-rekan Babinsa TNI, dengan luas karhutla diperkirakan sekitar 3 Hektare milik Koperdik, Sdr. Simton dan Sdr. Wicaksono,” lanjutnya.

Pemadaman pun dilakukan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sederhana yakni wadah air dan ranting pohon yang dipukul secara berulang.

“Berkat kegigihan seluruh petugas gabungan api penyebab karhutla pun berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WITA, yang saat ini sedang dilanjutkan dengan pendinginan lahan agar titik api tidak kembali menyala dan menjalar ke lahan-lahan sekitar,” sebut IPTU Nanang.

Tambahnya, diimbau kepada masyarakat turut aktif dengan memberikan informasi apabila menemukan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami Ingatkan agar tidak membuka lahan/hutan dengan cara dibakar,” tegasnya.*Humas Polres Banggai