POLRESPOLRES BANGGAI

Polisi Berhasil Mediasi Pencurian Besi Tenda Oleh Anak Dibawah Umur

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Terungkap hilangnya besi tiang segitiga penyangga tenda milik Brimob Luwuk yang dipinjam pakaikan kepada Amik Nurmal Luwuk. Pelakunya diduga adalah sekelompok anak -anak dibawah umur.

Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Bripka Didi Babo mengatakan bahwa pada Minggu (26/11/2023) telah terjadi pencurian 22 buah besi tiang penyangga sekitar pukul 19.00 Wita bertempat di Kampus Amik Nurmal Luwuk, Jalan Dr. Sutarjo.

“Sebelumnya pihak kampus bermohon meminjam tenda milik Brimob Luwuk untuk dipakai kegiatan di Desa Pohi Kecamatan Luwuk Timur,” kata Bripka Didi.

Setelah dilakukan penyelidikan akhirnya berhasil diketahui dua orang anak-anak diduga sebagai pelakunya.

Kemudian setelah dimintai keterangan, keduanya mengakui telah mengambil besi tersebut dan telah menjualnya di tempat rongsokan di kompleks Kelapa Dua Atas Kelurahan Simpong.

“Setelah dicek pemilik rongsokan Syaifudin Ilyas membenarkan telah membelinya dengan harga Rp 80 Ribu,” sebutnya.

Dari keterangan tersebut, Kamis (30/11/2023) Bhabinkamtibmas mengumpulkan mereka dengan didampingi orang tua dipertemukan dengan perwakilan kampus dan disaksikan Kepala Lingkungan dan Ketua RT untuk dilakukan problem solving.

Hasil kesepakatan bersama, permasalahan diselesaikan secara kekeluargaan dan barang yang diambil akan dikembalikan.

”Proses mediasi berjalan lancar, kedua pihak sudah menerima saran penyelesaian yang disampaikan dan kepada orang tua diminta untuk ekstra ketat mengawasi anak-anak mereka ” ujar Bhabin.

Sementara itu, Kapolsek Luwuk Kompol Z. Ginoga mengimbau masyarakat apabila ada informasi terkait keamanan dan ketertiban bisa melaporkan kepada Polisi RW atau Bhabinkamtibmas yang ada dilingkungan masing-masing.

Nantinya setiap persoalan atau permasalahan akan dicari solusinya secara bersama-sama antara Polisi RW/Bhabinkamtibmas dengan masyarakat.

”Kami sudah menerjunkan personel yang ditugaskan sebagai Polisi RW dan Bhabinkamtibmas yang sehari-hari hadir langsung di tengah masyarakat untuk membantu mencari solusi dari setiap persoalan yang ditemukan,”ujarnya.

Diharapkan dengan komunikasi yang baik tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif dilingkungan masyarakat.*Humas Polres Banggai