LatestNewsPOLRES BANGGAI

Kapolsek Batui Ikuti Ritual Adat Monsawe

Banggai – Kapolsek Batui Polres Banggai AKP Sudriman, menghadiri prosesi kegiatan ritual adat Monsawe bertempat di Kusali Matindok Desa Nonong, Kecamatan Batui, Sabtu (24/12/2023) malam.

“Upacara adat masih sangat kental dilakukan oleh warga Batui di Kabupaten Banggai, masyarakat masih memegang teguh dan mempertahankan bahkan melestarikan adat tradisi Monsawe tersebut, “ungkap Kapolsek.

Menurutnya, kegiatan semacam ini pantas di lestarikan apapun bentuk nya dan ada makna pelestarian adat istiadat. Adapun maksud kegiatan ritual adat tersebut sebagai ungkapan syukur atas seluruh kelancaran prosesi pengantaran Tumpe ke Kabupaten Banggai Laut.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran rangkaian ritual adat Tumpe,” jelas Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan bahwa dirinya selalu hadir setiap kegiatan ritual adat yang dilaksanakan warga kecamatan Batui wajib di lestarikan supaya masyarakat tidak melupakan adat istiadat yang ada diwilayahnya.

“Upacara adat pada dasarnya merupakan bentuk perilaku masyarakat yang menunjukan kesadaran terhadap masalalunya. Sehingga dapat mengenalkan kepada anak cucu tentang adat istiadat tersebut,” pungkasnya.

Syukuran berjalan dengan aman dan khidmat. Dihadiri pula Kadis Pariwisata Banggai, Camat Batui, Danramil 1308-03, Sekcam Batui Selatan, Lurah Bugis, serta para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.*Humas Polres Banggai