GeneralNewsPOLRESPOLRES TOLI-TOLI

Menjelang Hari Dharma Samudera, Lanal & Polres Tolitoli Laksanakan Bersih-Bersih di Bibir Pantai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polres Tolitoli, Menjelang peringatan hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari, Lanal Tolioli bersama Polres Tolitoli mengelar bersih-bersih di wilayah pesisir pantai Susumbolan Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Jumat (05/01/2024).

Rangkaian kegiatan Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru (Aru) pada tanggal 15 Januari 1962, antara Tentara Nasional Indonesia melawan Belanda dalam upaya pembebasan Papua Barat.

Kapolres Tolitoli AKBP Bambang Herkamto, S.H., menjelaskan bahwa bersih-bersih di bibir pantai ini juga dalam menyambut hari Dharma Samudra dengan yang pada saat itu bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran di laut. Pertempuran laut yang sangat bersejarah bagi Republik Indonesia adalah pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada Tanggal 15 Januari 1962.

Saat ini tantangan yang dihadapi TNI AL semakin kompleks. Bentuk geografis Indonesia adalah salah satu penyebabnya, ditambah dengan potensi ekonomi yang ada di dalamnya. Hal ini mengundang pihak-pihak tertentu untuk memanfaatkannya demi kepentingannya yang dapat setiap saat menggangu kepentingan dan keamanan Nasional. Untuk itu, diperlukan pertahanan laut yang kuat untuk mejaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).