POLRESPOLRES BANGGAI

Kapolsek Batui Bersama Forkopimca Mediasi Masa Generasi Muda Uso Dengan Perusahaan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polsek Batui bersama pemerintah melakukan mediasi di CLC Perusahaan DS LNG di Desa Uso Kecamatan Batui Kabupaten Banggai, pada Senin (22/1/2024) pukul 09.00 Wita.

Dalam aksi damai dari Generasi Muda Uso, yang menuntut kompensasi hasil produksi dari DS-LNG dan PT. Essa PAU serta terkait perekrutan tenaga kerja local.

Sebelumnya pada pukul 06.00 Wita digelar aksi dijalan trans Sulawesi di Desa Uso Kecamatan Batui oleh 60 massa Generasi Muda Uso dengan alat peraga, 1 set tenda, 1 unit sound system, 3 buah ban bekas dan 3 buah spanduk.

Kapolsek Batui AKP Sudirman bersama Camat, Danramil, Kades Uso, CSR DS_LNG, CSR PT. Essa PAU dan 15 orang perwakilan massa aksi kemudian menggelar pertemuan.

Kapolsek menyampaikan agar setiap permasalahan yang dihadapi di bicarakan dengan baik dan dicari solusi agar tercipta harmonis dari pihak perusahaan dan msyarakat Desa Uso, sehingga tidak saling merugikan.

“Dalam menyampaikan aspirasi, kiranya tidak melakukan penahanan kendaraan umum maupun kendaraan operasional perusahaan,” tegasnya.

Dari hasil pertemuan disepakati bahwa terkait kompensasi, pada Rabu (24/1) Forkopimca Batui dan pihak perusahaan akan berkoordinasi ke Bagian SDA Banggai.

Pihak perusahaan juga akan memprioritaskan tenaga kerja dari Desa Uso, serta terkait 7 karyawan yang telah habis masa kontrak agar segera memasukan kembali berkas lamaran.

Sekitar pukul 12.00 Wita, pertemuan selesai berkat sinergitas TNI Polri dan pemerintah Kecamatan Batui dalam menyikapi masalah yang melanda.*Humas Polres Banggai