GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Kapolres Touna Hadiri Kegiatan Pemusnahan Surat Suara Rusak dan Lebih Pada Pemilu 2024

TOUNA – Kapolres Tojo Una Una (Touna) AKBP Ridwan J. M. Hutagaol, SIK, SH menyaksikan langsung pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih pada Pemilihan Umum Tahun 2024, bertempat di gudang logistik KPU Kabupaten Touna, Selasa (13/2/2024).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Touna Pilipus Siahaan, SH, MH, Pabung 1307/Poso di Ampana, Kasat Pol PP Touna Iksan Badwi, S.Ag, MAP, Ketua KPU Touna Ahdin L. Nondo, S.Pd. I, Ketua Bawaslu Touna Taufiq Rizal R. Liara, S.Pd, Komisioner KPU Touna dan Komisioner Bawaslu Touna serta awak media.

Kegiatan pemusnahan surat suara tersebut diawali dengan penandatanganan berita acara pemusnahan yang ditandatangani oleh Ketua KPU Touna, Ketua Bawaslu Touna dan Kapolres Touna.

Adapun jumlah surat suara yang dimusnakan sebanyak 61.696 lembar dengan rincian surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 106 lembar, surat suara Anggota DPR sebanyak 386 lembar, surat suara DPRD Provinsi sebanyak 59.576 lembar, surat suara DPRD Kabupaten 1.047 lembar dan surat suara DPD sebanyak 81 lembar

Dalam sambutannya, Ketua KPU Touna Ahdin L. Nondo mengatakan, pemusnahan surat suara ini sebagaimana telah ditentukan dalam aturan paling lambat H-1 Pencoblosan.

“Adapun surat suara yang akan kita musnakan pada hari ini yaitu surat yang rusak dan kelebihan dari kebutuhan,” kata Ketua KPU Touna.

Menurutnya, KPU Touna telah melakukan penetapan DPT, kemudian dari hasil DPT itu dikalikan 2 persen untuk menentukan jumlah logistic surat suara yang akan dicetak.

“Dalam perjalan ada beberapa kekurangan dan rusak, setelah melewati beberapa proses pengelolaan logistic surat suara ditemukan yang rusak dan kelebihan yang akan dimusnakan pada hari ini, ” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Touna AKBP Ridwan J. M. Hutagaol mengatakan, kehadiran TNI dan Polri dalam kegiatan pemusnahan ebagai bentuk netralitas dalam Pemilu Damai 2024.

“Kami TNI/Polri akan selalu mengawal setiap proses Pemilu. Semoga pesta demokrasi besok berjalan aman dan lancar,” harapnya. (Humas Polres Touna)