BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polwan Cantik Polres Banggai Ini, Gencar Sosialisasi Stop Kekerasan Kepada Anak di Sekolah

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Wanita (Polwan) Satreskrim Polres Banggai, Brigpol Widyawati Pratiwi, SH menjadi pemateri dalam acara sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan yang dipelopori oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai ini dilaksanakan didua tempat yakni SMAN 3 Luwuk dan MTS Negeri Luwuk pada pukul 09.00 Wita.

Penyidik Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Banggai, Brigpol Widyawati mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan di sekolah untuk memberikan pengetahuan kepada para generasi muda secara langsung.

“Kita melakukan sosialisasi kepada para pelajar yaitu tentang pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur dan bahaya seks bebas,” ujarnya.

Sosialisasi terkait pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur, mengingat akhir-akhir ini kasus tersebut terus meningkat di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai.

“Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman untuk para pelajar terkait bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, dan apabila terjadi tindak pidana apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pemahaman terkait ancaman hukuman bagi pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Dengan banyaknya perkara cabul seperti ini, yang mana pelakunya merupakan sebagaian besar orang terdekat, Ia mengharapkan untuk lebih waspada lagi dan tidak sembarangan bermain maupun ikut dengan orang lain yang tidak/baru dikenal.

“Untuk kegiatan bersama para pelajar juga berkomitmen berpartisipasi untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual, dan melaporkan segala bentuk kekerasan yang terjadi dilingkungan sekolah,” beber Widyawati.*HumasPolresBanggai