BID HUMASSATKER

Aiptu S Lakanjo : Bersiap Mengantisipasi Tindak Pidana Perairan

Donggala, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Personil Satuan Polair Resor Donggala berpatroli rutin di perairan menggunakan Kapal C2 XIX – 2010 pada malam hari. Jum’at (26/04/2024). Patroli ini juga  bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di perairan wilayah hukum Polres Donggala.

Dalam patroli, dipimpin Aiptu S Lakanjo, Aipda Dance K, Bripka M Lemba, dan Briptu Ide Henci. Mereka dilengkapi dengan dua pucuk senpi SS1. Rute patroli meliputi perairan Mako Polair, Kabonga, Labuan, Loli, dan kembali ke Mako Polair. 

Kasat Polairud, AKP Rislan mengatakan, saat melakukan patroli, tim berhasil melakukan pemeriksaan terhadap dua kapal yang melintas sekira pukul 22.33 wita 

Kapal berjenis TB. TMH 08/BG.TMH07 yang di Nakhodai Capt Sayful Hasyim dengan awak  kapal berjumlah 9 orang,  GT. TB/BG: 124/1101 dengan tujuan Jetty Meriba Watusampu, Palu. 

Sekira pukul 00.47 wita, kapal TB Nautilus 01/BG.Sinar Anugerah 02, Nakhoda Capt  Azis, Awak Kapal 10 orang, GT. TB/BG: 138/1112 , Tujuan Samarinda  dan mengangkut koral. 

Kasat mengatakan, saat diperiksa,  dokumen awak kapal maupun kapal. Tim juga aktif memantau situasi perairan setempat serta bersiap mengantisipasi tindak pidana perairan di wilayah hukum Polres Donggala.

AKP Rislan, menghimbau agar seluruh personil selalu mengingatkan awak kapal lainnya untuk memperhatikan situasi cuaca, kondisi gelombang laut, serta kelengkapan alat keselamatan.

Apabila ada kejadian atau tindak pidana diperairan, masyarakat diminta untuk segera memberikan informasi kepada kepolisian atau instansi terkait terdekat. Patroli ini merupakan salah satu upaya Polres Donggala dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perairan wilayahnya. 

Sementara itu, Kapolres Donggala, AKBP Efos Satria Wisnuwardahana,  mengapresiasi kegiatan patroli yang dilakukan oleh tim Polair Resor Donggala. (ab)