BID HUMASNewsOPINIPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Saat Tahanan Polres Banggai Isi Ramadhan Dengan Tadarus Bersama

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Mengawali Ramadhan jajaran kepolisian Resor Banggai dalam hal ini adalah satuan perawatan tahanan dan barang bukti (sat tahti) meningkatkan pembinaan mental terhadap para tahanan, Jumat (16/3/2024).

Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani, SH, SIK, MM melalui Kasat Tahti IPTU Ikshanudin menyampaikan bahwa tahanan Polres Banggai mayoritas beragama Islam sehingga mereka dibimbing melakukan tadarus bersama.

“Walaupun mereka ada didalam sel tahanan, mereka tak lupa akan kewajiban menjalankan ibadah puasa, sholat, dan mengaji bersama,” katanya.

Ditambahkannya, untuk perangkat Sholat dan Mengaji pihaknya sudah siapkan baik untuk laki-laki maupun perempuan, namun ada juga yang milik mereka sendiri.

Pembinaan para tahanan mengaji dan membaca tadarus dipandu langsung oleh anggota Sattahti Polres Banggai yakni Aipda Rinto Husen.

“Sambil menunggu waktu berbuka puasa kami membimbing mereka untuk belajar ngaji. Meskipun terbata-bata, satu demi satu mampu mengikuti lantunan ayat-ayat suci Al-Quran. Selain itu kami juga memberikan tausyiah,” ucap Kasat Tahti.

Tadarus Al-Quran ini salah satu kegiatan wajib saat bulan puasa selain ibadah wajib lainnya. Kegiatan tadarus ini akan terus rutin dilakukan dan lebih intensif dalam bulan Ramadhan.

“Diharapkan para tahanan setelah menjalani masa tahanan dapat berbuat lebih baik, syukur-syukur bisa menularkan kebaikannya dengan masyarakat sekitar,” tutup Ikshanudin.*HumasPolresBanggai