BID HUMASSATKER

Warga Tenggelam, Brimob Sulteng Akan Tetap Waspada dan Siap Melanjutkan Pencarian

Poso, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Ikbal, 28 tahun, warga Desa Sirenja Panti Barat, Kabupaten Donggala, dinyatakan tenggelam di Sungai Koromposo, Desa Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso pada Jumat, 12 Juli 2024.

Polisi setempat menjelaskan, menjelang magrib saat korban sedang berjalan dengan sapinya membawa kayu, tiba-tiba di dekat jembatan penyeberangan, sapi tersebut menuju ke arah sungai dan hanyut bersama muatan kayu tersebut. Kemudian Ikbal yang merupakan seorang pekerja penarik kayu olahan atau bantalan di kawasan Sulewana mencoba terjun ke sungai untuk menyelamatkan sapinya, namun sayang ia juga ikut terbawa arus.

Personel Kompi 4 Batalyon B Brimob Pelopor Sulawesi Tengah bekerja sama dengan anggota Polsek Pamona Utara, Polairud, BNPB, Basarnas, dan masyarakat setempat telah melakukan upaya pencarian intensif terhadap korban.

Tim SAR Brimob yang dipimpin Ipda Faouhahaudodo Bu’ulolo turun dengan melibatkan sepuluh personel Brimob terlatih. Sejak hari pertama, mereka berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyusun strategi pencarian yang efektif. Selama enam hari pencarian, tim gabungan ini melakukan pencarian di sepanjang bantaran Sungai Koromposo, menghadapi medan sulit dan arus deras.

Meski sudah berusaha semaksimal mungkin, hingga hari keenam korban belum juga ditemukan. Setelah melakukan evaluasi dan koordinasi dengan pihak keluarga, diputuskan untuk menghentikan sementara pencarian.

Ipda Faouhahaudodo Bu’ulolo mengatakan, “Brimob Sulteng akan tetap waspada dan siap melanjutkan pencarian jika ada perkembangan baru.”

Kabag Operasi Brimob Polda Sulteng, Kompol M. Iliyas menegaskan, “Tim SAR Kompi 4 Yonif B Pelopor akan tetap bersiaga sebagai bagian dari program Respon Brimob Madago, untuk mengantisipasi permintaan warga yang mungkin membutuhkan bantuan evakuasi jika korban ditemukan.”

Di sisi lain, keluarga korban masih berharap ada keajaiban yang bisa menghidupkan kembali Ikbal. Hingga berita ini diturunkan, meski upaya pencarian resmi telah dihentikan, namun semua pihak tetap waspada dan siap melanjutkan pencarian jika diperlukan. (ab)