GIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Budayakan Tertib Lalu Lintas, Polresta Palu Akan Tindak Tegas Pelanggar dalam Operasi Patuh Tinombala 2024.

Polresta Palu,-Dalam rangka Operasi Patuh Tinombala 2024, Polresta Palu terus menggiatkan upaya penegakan disiplin lalu lintas di wilayah Kota Palu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas guna mengurangi risiko kecelakaan dan menciptakan kondisi jalan yang lebih aman bagi semua pengguna. Selasa, 16/7/2024

Kasat Lantas Polresta Palu, AKP Kanisius Franata, S.I.K., menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas setiap pelanggar lalu lintas yang tidak taat aturan. “Tindakan tegas ini perlu dilakukan untuk memberikan efek jera bagi para pelanggar. Pelanggaran lalu lintas tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga merugikan keluarga dan orang lain di jalan,” kata AKP Kanisius.

Operasi Patuh Tinombala 2024 ini melibatkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan operasi ini. Beberapa fokus utama dalam operasi ini antara lain:

1. Pengendara roda dua yang tidak memakai helm.

2. Mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan.

3. Pengendara di bawah umur.

4. Tidak menggunakan safety belt.

5. Knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis.

6. Kendaraan pribadi bukan dinas yang menggunakan lampu isyarat (strobo).

7. Pengemudi dalam keadaan mabuk atau pengaruh alkohol.

8. Penggunaan HP saat berkendara.

9. Melawan arus.

10. Over dimensi dan over load (ODOL).

Sejak dimulainya operasi ini, sudah ada beberapa pelanggar yang berhasil ditindak oleh petugas di lapangan. Pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah tidak menggunakan helm dan tidak memiliki SIM dan STNK. Selain penindakan, Satlantas Polresta Palu juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media, termasuk media sosial dan pemasangan spanduk di titik-titik strategis.

“Operasi ini bukan semata-mata untuk menindak pelanggar, tetapi juga untuk mendidik masyarakat agar lebih sadar dan disiplin dalam berlalu lintas. Kami berharap, dengan adanya Operasi Patuh Tinombala 2024 ini, angka kecelakaan lalu lintas di Kota Palu dapat menurun secara signifikan,” tambah Kanisius.

Dengan beragam upaya yang dilakukan, diharapkan masyarakat Kota Palu semakin patuh terhadap peraturan lalu lintas sehingga tercipta lingkungan jalan yang lebih tertib dan aman. Polresta Palu berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan keselamatan para pengguna jalan di wilayah ini.