BID HUMASGIAT OPSHUKUMLatestNewsPOLRESPOLRESTA PALU

Jelang Rangkaian Penetapan Nomor Urut Calon Walikota dan Wakil Walikota Palu, 203 Personel Polresta Palu Disiagakan di Kantor KPU Kota Palu.

Polresta Palu – Sebanyak 203 personel Polresta Palu telah disiagakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu pada hari ini, Minggu, 22 September 2024. Penempatan personel ini dilakukan dalam rangka pengamanan rangkaian Rapat Pleno Terbuka, Pengundian, dan Penetapan Nomor Urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palu yang dijadwalkan akan berlangsung besok, Senin, 23 September 2024. Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 yang akan berlanjut dengan Deklarasi Kampanye Damai pada Selasa, 24 September 2024.

Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K.,M.H., telah mengeluarkan surat perintah resmi untuk pengerahan personel guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar. Dalam apel kesiapan yang digelar pada pagi hari, Kapam Objek Wilayah Palu Selatan Polresta Palu, AKP Velly, S.H., memimpin langsung pengarahan bagi personel yang bertugas. Dalam kesempatan tersebut, AKP Velly menyampaikan bahwa fokus pengamanan hari ini meliputi tiga aspek utama: pengamanan terhadap orang, yakni para komisioner KPU dan tamu undangan; pengamanan objek, termasuk Kantor KPU, Bawaslu, dan gudang logistik KPU; serta pengamanan kegiatan yang dijalankan oleh komisioner KPU Kota Palu.

“Pengamanan orang, objek, dan kegiatan harus kita pastikan berjalan sesuai dengan rencana. Kami mengedepankan langkah preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat besarnya peran KPU dalam proses Pilkada ini,” ujar AKP Velly dalam arahannya.

Rapat Pleno Terbuka yang akan dilaksanakan esok hari merupakan salah satu tahap penting dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu 2024. Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon dipandang krusial, karena akan menentukan perjalanan kampanye hingga hari pemungutan suara. Oleh karena itu, keamanan dan kelancaran proses ini menjadi prioritas utama bagi pihak kepolisian.

Setelah Rapat Pleno, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan Deklarasi Kampanye Damai pada Selasa, 24 September 2024. Deklarasi ini akan dihadiri oleh seluruh pasangan calon yang berkompetisi dalam Pilkada Serentak di Palu, sebagai komitmen bersama untuk menjalankan kampanye yang aman, damai, dan tertib.

Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H., dalam beberapa kesempatan sebelumnya menegaskan bahwa pengamanan Pilkada 2024 di Kota Palu harus dilakukan secara maksimal. Ia juga menekankan pentingnya netralitas bagi seluruh personel kepolisian yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024.

“Kita bekerja sesuai aturan dan protokol yang ada, dan saya minta semua personel untuk menjaga netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis. Kita di sini untuk menjaga keamanan dan memastikan Pilkada berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Kombes Pol. Barliansyah.

Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 di Kota Palu telah dimulai sejak beberapa bulan lalu, dengan tujuan menjaga situasi tetap kondusif selama seluruh rangkaian Pilkada, mulai dari tahap pendaftaran calon hingga penghitungan suara dan penetapan hasil akhir. Pengamanan intensif terus dilakukan, terutama di lokasi-lokasi strategis seperti Kantor KPU dan Bawaslu.

Dengan personel yang telah disiagakan sejak hari ini, diharapkan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan tanpa hambatan. Polresta Palu juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga suasana damai dan kondusif selama proses kampanye hingga pemungutan suara nanti.