BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Babinkamtibmas Solove, Belajar hidup dari Lato Lato

Tribratanews, Sigi – Kamis 19/01/23. Lato lato, sebuah permainan yang sudah sangat lama, sejak puluhan tahun lalu sudah ada. Namun demam lato lato kembali muncul akhir tahun 2022 hingga saat ini awal 2023. Yang sering membuat kita tertawa adalah bukan saja menjadi mainan anak anak tapi juga dimainkan oleh orang dewasa bahkan orang sudah uzur. Itulah realita saat ini, mungking kebanyakan manusia sudah terlalu sibuk, sehingga perlu meluangkan waktu untuk sekedar refreshing….bermain lato lato.

Babinkamtibmas desa Solove Biromaru kabupaten Sigi Bripka Suryana atau sering oleh masyarakat dipanggil Pak Surmemiliki filosofi tersendiri dengan permainan Lato Lato. Dikaitkan dengan tugasnya sebagai Babin di wilayah pedesaan, dimana semua masih sangat minim baik dari fasilitas umum, pendidikan dan taraf ekonomi.

Disinilah pak Babin berkarya dan berkolaborasi dengan masyarakat setempat, setiap saat pak Babin dapat ditemui di desa Binaanya. Bahkan saat Tribratanews Polda Sulteng berkesempatan ke wilayah tersebut dan bertemu dengan Pak David Kepala Desa Solove tidak lepas dengan cerita pak Babin. Rupanya warga setempat sudah sangat akrab dengan Pak Sur sebagai Babinkamtibmas.

Mereka semua mengenal dengan dekat, karena Pak Sur selalu hadir di setiap kesempatan baik dalam acara resmi, ditengah ladang, di tengah persawahan, di kandang sapi, bahkan mencangkul bersama sama. Tidak lengkap rasanya bila masyarakat berkegiatan tanpa Pak Sur, pasti dicari bila tidak kelihatan.

Rupanya Pak Sur memiliki filosofi dari permainan Lato Lato. Bagi Pak Sur persatuan dan gotong royong merupakan modal pokok untuk bisa membangun bersama sama. Masyarakat jangan mau dibentur benturkan satu dengan yang lainya hanya karena permainan, apalgi dibenturkan dengan hal yang kecil yang sepele. Karena dengan benturan kita akan merugi dan mengganggu orang lain. Seperti permainan Lato lato…ada ada saja Pak Babin satu ini.(ab)