POLRES BANGGAI

Patroli Sambang Dialogis Samapta Polres Banggai, Strategi Polri Jalin Hubungan Dengan Masyarakat

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan mencegah terjadinya aksi kriminalisme jajaran Satuan Sabhara Polres Banggai terus melaksanakan patroli.

“Patroli rutin dilakukan guna memaksimalkan upaya dalam mencegah terjadinya praktek kriminalisme serta berkembangnya modus kejahatan baru,” kata Kasat Samapta Polres Banggai AKP Jolly R Lengkong saat ditemui awak media, Sabtu (2/9/2023) pagi.

Dalam setiap kegiatan patroli, Polri selalu mengedepankan upaya–upaya preventif dengan melakukan sambang dan tatap muka langsung dengan masyarakat.

“Sambang ini dilakukan guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” jelas perwira pangkat tiga balak ini.

Patroli sambang dialogis adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Patroli sambang dialogis bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, mendengarkan keluhan atau masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun hubungan positif antara polisi dan masyarakat, serta meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam upaya menjaga kamtibmas,” jelasnya.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu strategi yang penting dalam menjaga hubungan yang baik antara polisi dan masyarakat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.

“Patroli sambang dialogis ini melibatkan komunikasi dua arah antara polisi dan masyarakat. Artinya, polisi bukan hanya mendatangi masyarakat untuk memberikan informasi, tetapi juga mendengarkan apa yang ingin disampaikan oleh masyarakat,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai