BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kepala BNPB RI Tinjau Penanganan Bencana Banjir di Torue

Parimo, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. beserta rombongan mengunjungi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Minggu (31/07/2022) pagi.

Kunjungan Kepala BNPB tersebut dalam rangka melaksanakan rapat penanganan darurat bencana banjir bandang di Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo di lantai 2 Kantor Bupati Parimo.

Kepala BNPB disambut oleh Wakil Bupati Parimo, H. Badrun Nggai, S.E., yang juga dihadiri oleh, Direktur Dukungan Darurat BNPB, Dr. Apt. Rustian, S.Si., M.Kes., Danrem Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., Dandim 1306, Kapolres Parimo AKBP Yudi Arto Wiyono, SIK,MH, para pimpinan OPD Kabupaten Parimo, Ketua DPRD Kabupaten Parimo Sayutin Budianto, S.Sos., Camat Balinggi, Kepala Desa Tolai I Made Gede Dwipayana, dan Sekcam Tolai Niluh Elisabet, S.E.

Dalam sambutan Kepala BNPB mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Parimo merupakan zona rawan bencana yang mana tahun 1930 terjadi gempa bumi menimbulkan tsunami, kemudian terjadi tsunami di Palu pada tahun 2018.

“Pada 1987 terjadi banjir serupa di Kecamatan Torue, dan kembali lagi terjadi bencana banjir pada di hari Kamis 28 Juli 2022 beberapa waktu lalu,” ujar Kepala BNPB.

Dari kejadian tersebut, Kepala BNPB menginginkan agar segera membentuk tim relawan bencana, posko bantuan terhadap masyarakat pengungsi, menyiapkan lokasi rumah hunian sementara untuk masyarakat yang terdampak, melakukan penanaman pohon, normalisasi sungai, pencarian korban yang masih hilang dalam jangka 2 minggu, TNI Polri membantu pencarian korban dan pembersihan rumah masyarakat.

Usai melaksanakan rapat, Kepala BNPB beserta rombongan mengunjungi lokasi bencana alam banjir bandang tepatnya di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo, dan langsung melakukan peninjauan di lokasi bencana banjir.

Dalam peninjauan tersebut, Kepala BNPB beserta rombongan juga didampingi oleh Danrem 132 Tadulako, Kapolres Parimo, Wabup Parimo, Wakapolres Parimo, Perwira Penghubung (Pabung) TNI Letkol Gatot Subagia dan Kapolsek Torue.

Kemudian Kepala BNPB beserta rombongan melakukan peninjauan di lokasi bencana banjir di Dusun 2 Desa Torue, Kecamatan Torue, dan meninjau posko kesehatan yang bertempat di Masjid Al Ikhlas Dusun 2 Desa Torue, yang juga disambut oleh Bupati Parimo, H. Samsurizal Tombolotutu.

Di akhir kegiatan, Kepala BNPB menyerahkan bantuan bencana untuk Kecamatan Torue yang secara simbolis diterima oleh Bupati Parimo.

Kapolres Parimo mengatakan kegiatan kunjungan Kepala BNPB beserta rombongan itu berjalan dengan lancar, dan masyarakat sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah yang dengan capat tanggap penanggulangan bencana alam banjir di Kecamatan Torue.

“Polda Sulteng pun bersama Polres Parimo telah menyiagakan personil di lokasi bencana untuk melakukan evakuasi korban, pencarian korban yang hilang, pengamanan lokasi bencana, pengaturan arus lalulintas dan penyaluran bantuan makanan dan minuman, kiranya kehadiran kami dapat meringankan beban masyarakat terdampak bencana,” pungkasnya.(fn)