BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakili Kapolda Sulteng, Wakapolda Hadiri Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, S.I.K menghadiri upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Duplikat Sang Saka Merah Putih, Sabtu 17/08/2024 pagi, di halaman Kantor Gubernur Sulteng, Jalan Samratulangi, Palu.

Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia (RI) Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2024.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura, Komandan Upacara (Danup) Mayor Cpm. Maryoto, Perwira Upacara (Paup) Mayor Arm. Lukman, Komandan Pasukan (Danpas) pengibar Bendera Merah Putih, Ipda Ismail, dan petugas pengibar dari Pleton Bangsa, pembawa baki Ghyna Islamiati.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, forkopimda Sulteng, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulteng Novalina, para pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di lingkup Provinsi Sulteng, para pimpinan lembaga vertikal,  BUMN, BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, unsur TNI-Polri, para perwakilan siswa, dan unsur lainnya.

Peringatan detik-detik Proklamasi, ditandai dengan bunyi sirene, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Nilam Sari Lawira, dan doa oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Ulyas Taha.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengibaran bendera dari siswa siswa SMA dan SMK terbaik se-Sulteng, kemudian dilanjutkan dengan aubade dari perwakilan siswa siswi SMA dan SMK se-Kota Palu dengan menyanyikan beberapa lagu Kemerdekaan.

Selain itu, dalam peringatan detik-detik Proklamasi itu dirangkaikan dengan penyerahan hadiah oleh Gubernur dalam rangka kegiatan HUT RI ke-79 serta memberikan penghargaan Satya Lencana secara simbolis kepada 8 orang ASN.

Adapun tema besar HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini, yakni “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Diketahui bahwa tema tersebut mengandung 2 makna, yaitu yang pertama “Nusantara Baru” merujuk pada visi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia, yang kedua “Indonesia Maju” menekankan pada semangat pembangunan berkelanjutan dan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia.(fn)