BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Peduli Satwa Langka, Kapolsek Bualemo Kunjungi Penangkaran Maleo

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Bualemo, AKP Haryadi mengunjungi penangkaran satwa dilindungi burung Maleo di Desa Taima, Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai, Sabtu (28/9/2024).

Ditempat tersebut, Kapolsek disambut oleh Mrs. Mercy (Alto) asal Amerika Serikat yang selama ini dikenal aktif melestarikan burung atau unggas yang terancam punah.

Sebelumnya, AKP Haryadi diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses penangkaran burung endemik Pulau Sulawesi khususnya Kabupaten Banggai.

Dia pun mengatakan, burung Maleo ini termasuk satwa yang unik, karena bertelur di dalam tanah dengan suhu yang cukup panas.

Selanjutnya, petugas penangkaran telur burung Maleo memasukkan ke tempat khusus.

“Berbeda dengan jenis-jenis unggas lainnya, Maleo tidak mengerami telurnya. Pengeraman telur dibantu oleh panas bumi,” katanya.

Perwira pangkat tiga balok ini mengucap rasa syukur dan bangga atas kesempatan yang diberikan. Sehingga ia bisa melihat langsung proses penangkaran burung Maleo ini.

“Mari sama-sama kita jaga dan lindungi kelestarian alam termasuk satwa yang dilindungi undang-undang, salah satunya burung Maleo ini,” ajaknya.

“Kami berkomitmen mengantisipasi pencurian burung maleo maupun hal yang menggangu habitatnya dipesisir pantai,” tukasnya.*HumasPolresBanggai