BID HUMASGeneralNewsOPINISATKER

Kapolres Banggai Hadiri Diskusi Tentang Pembentukan Provinsi Sultim

Banggai Tribratanewss.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Banggai, AKBP Yoga Priyahutama SIK, MH, menghadiri diskusi dalam rangka pengumpulan data penyusunan Naskah Akademik dan Draft RUU Tentang Pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) di ruang rapat umum Sekretariat Daerah, Kelurahan Tombang Permai, Jumat (02/09/2022).

Diskusi yang dipimpin langsung Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin itu dihadiri tim perancang RUU pembentukan Sultim dari Badan Legislasi DPR Republik Indonesia, unsur Forkopimda Banggai, Ketua DPRD Banggai dan Sekretaris Daerah, para Kepala OPD, staf ahli, serta para asisten dan Kepala Bagian Sekretariat Daerah Banggai.

Pada sambutannya, Bupati Banggai menegaskan, bahwa Pemerintah Daerah akan mendukung penuh dan mengawal rangkaian proses pemekaran Daerah Sultim.

“Pemerintah Daerah akan mendukung penuh dan mengawal setiap proses untuk memekarkan Provinsi Sultim,” tegas Ir. H. Amirudin.

Sebab, menurut Bupati, karena jarak daerah-daerah pada kawasan timur Sulawesi menuju Ibu Kota Provinsi sangat jauh.

“Sehingga perlu mendekatkan pelayanan antara pemerintah provinsi dan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Bupati, Kabupaten Banggai sendiri memiliki banyak potensi yang menunjang daerah tersebut sebagai pusat Provinsi Sultim.

“Kita tidak bisa lama-lama bergantung terus ke provinsi induk. Kita punya gas, nikel, minyak, perkebunan, dan lumbung padi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua tim perancang RUU, Mardi Santoni, menuturkan telah melakukan diskusi dengan Akademisi Universitas Tadulako, DPRD dan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. Hasilnya mereka menyepakati untuk memekarkan Sultim.

Termasuk, tambahnya, Pemerintah Daerah dan DPRD di Kabupaten Tojo Una-Una, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Morowali Utara sepakat untuk mendukung terbentuknya Sultim.

“Sultim memang sudah lama bisa mekar. Tetapi terhalang moratorium. Jadi sekarang proses itu bisa terlaksana,” pungkasnya.(fn)