BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kabid Dokkes Hadiri Rakor dan Sinkronisasi Program Tim Percepatan Penurunan Stunting

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Bidang (Kabid) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes), Kombes Pol dr. H.A. Budi Prasetijo, M.M menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Program Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (04/10/2022) pagi, di Swissbell Hotel.

Adapun tujuan diadakan Rakor tersebut agar terwujudnya komitmen dan dukungan nyata terhadap kebijakan nasional percepatan penurunan stunting yang secara operasional menjadi kebijakan pemerintah daerah serta saling mengkoordinasikan dan mensinkronkan program kegiatan serta mengidentifikasi permasalahan stunting di Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, acara yang dibuka oleh Gubernur Sulteng diwakili oleh Pj. Sekdaprov Dr. Rudi Dewanto, SE, MM itu mengatakan bahwa stunting menjadi salah satu masalah sosial yang dihadapi dunia di negara berkembang seperti Indonesia.

“Hal tersebut karena berhubungan dengan meningkatnya risiko terhadap terjadinya kematian, daya tahan tubuh yang rendah, kurangnya kecerdasan, perkembangan otak terlambat dan terhambatnya pertumbuhan mental,” ujarnya.

Pj. Sekdaprov menjelaskan dampak stunting tidak hanya dirasakan oleh individu yang mengalaminya, tapi juga berdampak terhadap roda perekonomian dan pembangunan bangsa.

“Sebab sumber daya manusia stunting memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan sumber daya manusia normal,” ucapnya.

Hadir pula dalam acara itu Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Tuty Zarfiana, SH, M.Si, Ketua TP. PKK Provinsi Sulteng, Wakil Walikota Palu, perwakilan pejabat Bupati Banggai, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, Ketua LPPM Untad, Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sulteng serta mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sulteng.(fn)