BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Tahun Politik, Polsek Parigi Tingkatkan Patroli Sambang

Tribratanews, Parimo – Jumat 10/02/23. Seperti diketahui bahwa tahun 2024 akan digelar pesta demokrasi lima tahunan yaitu Pemilu 2024. Pemilu secara serentak akan memilih para wakil rakyat di setiap tingkatan dari kabupaten/kota hingga pusat. Selain itu Pemilu 2024 juga akan memilih para pemimpin di semua tingkatan baik Bupati/Walikota, Gubernur dan Presiden serta wakil presiden. Saat ini tahapan pemilu sudah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU.

Hampir setiap saat apabila kita cermati baik di media mainsteam maupun di dunia maya berita berita atau kabar kabar atau isu isu politik berseliweran. Masing masing para peserta ataupun calon peserta pemilu sudah melakukan strategi. Hal tersebut tentu saja untuk memperoleh dukungan masyarakat, karena pemilu di Indonesia menggunakan sistim Proporsional terbuka, artinya setiap warga negara yang memiliki hak pilih akan berpartisipasi dengan one man one vote satu orang satu suara.

Walaupun masih kurang lebih satu tahun pelaksanaan pemilu, namun di dunia maya sudah terjadi adu argumen, sindiran, saling mencacimaki, saling mencari kelemahan lawan ataupun calon lawan, bahkan sudah banyak relawan relawan yang membela kandidatnya. Nah disinilah letak kerawanan kerawanan akibat dari eskalasi politik. Potensi tersebut dapat saja terakumulasi dalam kontek pidana baik yang berupa ancaman terhadap keselamatan jiwa raga, harta benda dan Hak Azasi Manusia.

Polsek Parigi mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan pendekatan preemtif dan preventif. Berbagai penyuluhan, pendekatan kultural dan melakukan patroli sudah diintensifkan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak memiliki niat untuk melakukan tindak pidana, agar kesempatan melakukan tindak pidana dapat dieliminir.

“Namanya Politik pasti ada pervedaan pendapat, dan itu wajar. Yang tidak wajar jangan sampai karena perbedaan pilihan mengakibatkan permusuhan apalagi sampai kontak fisik. Itu yang kami tidak harapkan. Sehingga Polsek Parigi saat ini terus melakukan upaya, salah satunya patroli sambang di tempat tempat komunitas berkumpul. Harapanya agar tidak terjadi tindak pidana,“ terang Kapolsek Parigi Iptu Haryono SH.(DA)