BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

HUT ke-72 Polairud, Kapolda Sulteng Resmikan Mushola Al-Ikhlas Ditpolairud Polda Sulteng

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Perairan dan Udara (Polairud) yang Ke-72 Tahun 2022, Senin (05/12/2022) pagi, di Mako Direktorat Polairud Polda Sulteng, di Desa Wani, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Donggala.

Serentak di seluruh jajaran Direktorat Polisi Perairan dan Udara dibawah Baharkam Polri.

Kapolda Sulteng bertindak selaku irup sekaligus membacakan amanat Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Dr. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran yang digelar secara sederhana yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sulteng.

Saat memberikan kata sambutan syukuran, Kapolda Sulteng mengatakan bahwa dirinya sangat bangga hadir dengan mengenakan pakaian Arnavhat Drapha Mahe.

“Saya hadir disini dengan pakaian Arnavhat Drapha Mahe dan sangat bangga menggunakan baju ini,” ujarnya.

Oleh karena itu ada beberapa hal penekanan yang disampaikan kepada seluruh personel jajaran Ditpolairud Polda Sulteng.

Diantaranya yang pertama, agar meningkatkan iman dan taqwa sebab itulah sebagai basik integritas dalam berkarya dan melaksanakan tugas sehari-hari.

“Kedua, segala peralatan yang diberikan oleh negara, harus bisa dimanfaatkan dan digunakan peralatan ini untuk kepentingan tugas. Apa yang kita kerjakan harus bisa memiliki nilai poin plus yang baik dimata masyarakat,” terangnya.

Ketiga, lanjut Kapolda, agar para komandan kapal sebelum melaksanakan patroli untuk selalu memperhatikan kondisi kapal dan kesiapan anggota, jangan sampai ada kesalahan yang mengakibatkan kefatalan, serta lakukan patroli dengan benar dan tindak segala pelanggaran hukum yang terjadi di laut, terutama kejahatan narkotika, karena semua berawal dari laut.

“Keempat, laksanakan program SDM unggul Indonesia maju dengan mengaktifkan anggota untuk berlatih dan lakukan penyuluhan kepada masyarakat pesisir pantai dan serta lebih meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan potensi perairan Sualawesi Tengah yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang harus dijaga, dilestarikan, dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kapolda juga berharap, selaku pimpinan Polda Sulawesi Tengah penekanan tersebut dapat dijadikan pedoman dengan menjunjung tinggi motto Arnavat Dharpa Mahe (Karena di Laut Kami Bangga), Cakra Buana Samapta (Karena di Darat Kita Jaya) serta semakin profesional, tangguh, responsif mewujudkan Polri presisi yang dekat dan dicintai oleh masyarakat.

Upacara dan syukuran HUT ke-72 Polairud mengangkat tema “Polairud Profesional dan Efektif Mendukung Pembangunan Ekonomi Maritim Nasional untuk Mewujudkan Indonesia yang Tangguh”.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian pembangunan Mushola Al-Iklhas Ditpolairud Polda Sulteng oleh Kapolda Sulteng yang disaksikan dan juga dihadiri oleh Wakapolda Sulteng, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng, Pejabat Utama Polda Sulteng, para sesepuh dan staf Ditpolairud Polda Sulteng.(fn)