POLRES BANGGAI

Cegah Pencurian, Bhabinkamtibmas Ajak Aktifkan Pos Kamling

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Toili Bripka I Made Suastana menghadiri rapat koordinasi (Rakordes) yang dilaksanakan di Kantor Desa Tou Kecamatan Moilong bersama Kades dan apparat desa serta Ketua BPD, untuk membahas tentang pengaktifan kembali pos kamling terkait maraknya pencurian di desa tersebut, Senin (19/12/2022) pagi.

Menurut Bripka Made Suastana kegiatan Pos kamling nantinya bertujuan untuk meningkatkan keamanan swakarsa dan sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya kamtibmas.

“Kegiatan sambang Pos Kamling yang akan dilakukan nanti dengan cara menyambangi atau mengunjungi pos keamanan lingkungan atau gardu ronda yang ada di Desa Tou, pada malam hari,” ungkapnya.

Menurut Made, pos kamling atau gardu ronda merupakan salah satu tempat untuk berkumpul dan wadah saling berbagi informasi dan berkomunikasi antar warga maupun warga dengan pemerintah desa. Pos kamling juga merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan dilingkungan melalui kegiatan ronda.

“Dengan adanya pos kamling ini, diharapkan mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga ronda malam, mengingat akhir-akhir ini marak kasus pencurian,” tambahnya.

Pos kamling juga dapat menciptakan keakraban antar warga sehingga terjalin komunikasi yang baik antara pihak kepolisian dengan masyarakat sekitar.*Humas Polres Banggai