BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

313 Personel Polda Sulteng Calon SIP Angkatan 52 Tes Pemeriksaan Kesehatan

Tribratanews, Palu – Sebanyak 313 personel Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mengikuti seleksi calon Siswa Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 52 tahun 2023, mengikuti tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala awal, Rabu 18 Januari 2023.

Dalam tes kesehatan tersebut, pemeriksaan dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sulteng di aula Rupatama Polresta Palu.

AKBP dr. Judy Dermawan, M.Kes selaku ketua tim Rikkes SIP tahun 2023 mengatakan bahwa rikkes tersebut sebagai salah satu syarat utama untuk bisa masuk dalam tahap seleksi berikutnya.

“Untuk anggota yang ingin ikut SIP wajib mengikuti tes Rikkes ini, karena ini salah satu syarat utama. Untuk anggota kita yang akan ikut tes SIP tahun ini ada sekitar 313 organik Polda Sulteng dan 3 Personel BKO Mabes Polri,” kata dr.Judy.

dr. Judy juga mengatakan bahwa kondisi fisik peserta SIP harus prima, dikarenakan dalam melaksanakan tugas pokok Polri sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat harus didukung sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan tugas umum Kepolisian dan keterampilan lainnya.

“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat iman yang kuat. Kalau kesehatan terjaga, tugas berat apapun bisa dilaksanakan dengan baik, apalagi peserta tes SIP ini,” terangnya.

Ada beberapa item yang dilakukan pemeriksaan kesehatan SIP tahun 2023 ini yakni pemeriksaan laboratotium, pemeriksaan Odontogram, Urine, Keswa, Rodgen, Fisik, THT, Mata, tinggi dan berat badan, tekanan darah mulut dan gigi, EKG dan Thorax.(fn)