POLRES BANGGAI

Bhabinkamtibmas Mediasi Permasalahan Limbah Ternak Babi di Desa Mentawa, Toili Barat

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Toili Aiptu I Kadek Surya, SH, hadiri kegiatan mediasi permasalahan warga Desa Mentawa Kecamatan Toili Barat, Banggai, Rabu (1/2/2023) pukul 09.30 Wita.

Mediasi ini dilaksanakan karena warga setempat sangat keberatan dengan keberadaan peternakan babi milik Gede Suwardi yang menganggu aktivitas belajar di TK Mantawa dengan alasan menimbulkan bau busuk (limbah) yang sangat menyengat dan banyak lalat.

Hadir dalam mediasi tersebut, Kades dan aparat Desa Mantawa, Gede Suwardi selaku pemilik peternakan dan masyarakat setempat.

Aiptu I Kadek Surya, SH menyampaikan bahwa perlunya persamaan persepsi dari kedua belah pihak, dalam hidup bermasyarakat selalu mengedepankan sanitasi bersih lingkungan dan utamakan hubungan bai kantar sesama.

“Agar diselesaikan secara musyawarah dan perlu adanya komunikasi yang baik antara kedua belah pihak,”ujarnya.

Hasil musyawarah mediasi disepakati bahwa tidak ada aktivitas di kendang babi hingga jam 10.00 Wita, akan melaksanakan penyemprotan dan pemberian EM4 secara rutin, serta dalam kurun waktu 1 tahun akan berusaha memindahkan kendang babi.

Kegiatan selesai musyawarah mediasi warga Mantawa Toili Barat terkait pencemaran lingkungan yang ditimbulkan adanya peternakan babi berdekatan dengan sekolah Taman Kanak – kanak, pada pukul 11.00 Wita.*Humas Polres Banggai