BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Dalam Islam, tertib lalu lintas hukumnya wajib demi keselamatan diri

Tribratanews, Palu – Selasa 07/02/23. Jalan merupakan salah satu sarana kehidupan yang memiliki urgensi tinggi bagi eksistensi manusia. Bagaimana tidak, jalan sebagai media transportasi sangat berperan terhadap mobilitas masyarakat maupun barang dan lainnya. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial yang hidup dan bergerak manusia selalu menggunakan jalan untuk melaksanakan segala aktivitasnya.

Ada suatu kisah dimana Nabi Sulaiman sedang berjalan bersama pasukanya, maka semut semut yang sedang berjalan segera masuk ke liangnya untuk menyelamatkan diri, Q.S. Annaml ayat 17-18 yang berbunyi “Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”.

Kaitan dengan tertib lalu lintas memang tidak langsung disebutkan namun secara implisit diterjemahkan dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Ada dua hal yang sangat penting untuk dimaknai, Pertama, menaati aturan. Setiap pengguna jalan harus senantiasa berjalan dengan tertib dan teratur sehingga terciptanya kondusifitas di jalanan. Kedua, saling menghormati. Sudah barang tentu, antara seorang pengguna jalan dengan pengguna lainnya berada dalam lingkup sosial yang menghendaki sikap saling menghormati.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bagaimana Nabi Sulaiman a.s. dan pasukannya menghormati eksistensi sekumpulan semut. Begitupun sebaliknya. Sekumpulan semut begitu menghormati para pejalan bahkan hingga berkata “laa yasy’urun” yang bermakna mereka tidak menyalahkan orang lain yang dengan tidak sengaja menginjak mereka.

Terhitung mulai hari ini 7 Pebruari 2023, Polri seluruh Indonesia menggelar operasi keselamatan Lalu Lintas. Diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk memulai dari sekarang tertib lalu lintas agar keselamatan diri , keluarga dan orang lain juga tetap terjamin.(ab)