POLRES BANGGAI

Kabagops Polres Banggai Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 Via Zoom Meeting

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani, SH, SIK, MM diwakili oleh Kabagops AKP Laata, SH, menghadiri undangan kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 melalui Zoom Meeting yang digelar oleh Kemendagri RI bertempat di Ruang Rapat Khusus Sekda Banggai, Rabu (8/2/2023) pukul 09.00 Wita.

Hadir pada rakor yang digelar secara virtual tersebut, Mendagri RI beserta jajarannya, Kepala BPS RI beserta jajarannya, para Narsumber yang ahli dibidang perekonomian dan statistic, Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia.

Pada waktu yang sama dan tempat berbeda selain Kabag Ops Polres Banggai, hadir langsung Asisten II Sekda Banggai Ir. Ferlin Monggesang, Kadishub Tasrik Djibran, Sekertaris Bappeda Litbang Abdullah Djafaar, Kasub Perekonomian Sekda Banggai Jamaluddin, SH, Kasub Prokopim serta undangan lainnya.

Mendagri RI M. Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta rakor agar tidak pernah bosan dalam mengikuti rapat koordinasi tentang pengendalian inflasi daerah. Karena memang tantangan ekonomi dan inflasi menjadi permasalahan-permasalahan global.

Selain itu kepala BPS RI Margo Yuwono menyampaikan ada 4 hal yang berpengaruh dalam inflasi daerah yakni terkait pemulihan pasca Covid-19 yang menyebabkan gangguan supply dapat menaikan harga komuditas dan konflik geopolitik yang menyebabkan terganggunya rangkaian pasokan pangan dan energi, ditambah dengan adanya inflasi dibeberapa negara penghasil energi yang cukup tinggi.

“Selain itu adanya pengetatan keuangan dengan meningkatkan tingkat suku bunga yang memicu capital outflow dari berbagai Negara berkembang,” jelasnya

“Perang antara Rusia-Ukraina, hal ini menyebabkan kenaikan harga pada energi dan makanan, juga beberapa komoditas dan mineral,” tambahnya.

Sementara itu Kabagops Polres Banggai AKP Laata, SH mengatakan untuk Inflasi Nasional 5,28% dan Provinsi Sulawesi Tengah angka inflasinya 5,91%. Sedangkan Kabupaten Banggai angka inflasinya menyentuh angka sebesar 6,75 %.

“Kebijakan pengendalian inflasi daerah oleh Pemda Banggai harus melakukan Kerjasama/kolaborasi yang kuat dengan pemerintah pusat. Tidak lupa melaksanakan analisa dan evaluasi untuk melihat perkembangan target pengendalian inflasi daerah,” ujar Kabag Ops.*Humas Polres Banggai