NewsPOLRES BANGKEPUncategorized

Jumat Curhat Berlanjut, Kali Ini Waka Polres Bangkep Tatap Muka Bersama Warga Pesisir sekaligus Pelepasan Penyu.

Waka Polres Bangkep Kompol Ramon H. Datungsolang, S.Pd mengadakan kegiatan pertemuan dengan warga pesisir Desa Kautu Kec. Tinangkung Kab. Banggai Kepulauan (Bangkep) bertajuk “Jumat Curhat” guna mendengarkan keluhan dan aspirasi warga secara langsung serta melakukan pelepasan penyu.

Kegiatan tersebut berlangsung Jumat (17/02/2023) pukul 09.00 Wita yang dihadiri langsung oleh Sekda Bangkep Bpk. Rusli Moidadi, S.T., M.T., Ketua DPRD Bangkep Bpk. Rusdin Sinaling, Danramil 1308 LB Kapten Inf. Ageng Anjarang, Kasat Polaiurud AKP Darfin, Kapolsek Tinangkung AKP Abd. Haris Hippy, Kadis Perikanan Bpk. Tomy Luasusun, Kapolsek Bulagi Ipda Ruhil Newton Sugiarto, S.H dan Kades Kautu Bpk. Sumanto Made.

Dalam dialog interaktif dengan masyarakat itu, Waka Polres Bangkep memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan habitat laut.

Selaku Polri, dirinya ingin mengajak warga pesisir untuk mencintai tempat tinggalnya dan menjaga kelestarian lingkungan serta habitat yang ada sekaligus mendengarkan keluh kesah, permasalahan dan aspirasi dari masyarakat yang ada.

Waka Polres Bangkep KOMPOL Ramon H. Datungsolang, S.Pd juga menyampaikan lewat jumat curhat, Penyu adalah salah satu satwa laut yang saat ini di lindungi oleh Pemerintah, berdasarkan peraturan (PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang pengawasan tumbuhan dan satwa. membantu agar tetap menjaga kelestarian dan keberadaan Penyu agar tidak musnah.

Lebih lanjut dijelaskan penyu tersebut kami sita dari salah satu warga di Desa Sabelak Kec. Bulagi Selatan Kab. Bangkep pada hari Sabtu 28 Januari 2023, Pelepasan ini adalah bentuk kepedulian terhadap alam karena mulai langka akibat perburuan illegal dan dikhwatirkan punah jika tidak dilestarikan.

“Melalui kegiatan ini saya mengajak kepada masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, khususnya adik-adik kita sebagai penerus agar bersama-sama menjaga dengan cara melestarikan penyu,”ujar Waka Polres.

Kepala Desa Kautu Bpk. Sumanto Made mewakili warga, menyampaikan apresiasi program jumat curhat yang diadakan oleh Polri. ”Kami sangat mengapresiasi program bapak-bapak dari Polri khusunya Polres Bangkep ini serta kepedulian untuk turut menjaga kelestarian ekosistem di laut,” ucapnya.