POLRES TOUNA

Jum’at Curhat, Warga Sampaikan Ucapan Terimakasih dan Apresiasi Kepada Polres Touna dan Jajaran

Touna.Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy, S.I.K., M.I.K., kembali menggelar Program Jum’at Curhat bekerjasama dengan RRI Stasiun Ampana, Jum’at (10/03/2023) dengan tema “Giat Tugas Kepolisian Menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Hadir mendampingi Kapolres AKBP Riski Fara Sandhy, S.I.K., M.I.K., yaitu Kasat Reskrim Iptu Muhammad Kasim, S.H, KBO Satlantas Ipda I Gusti Lanang Mardika, S.H dan Kasi Humas AKP Triyanto.

Dalam Program Jum’at Curhat kali ini, salah satu warga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi Kepada Jajaran Polres Touna respon cepat terkait tanggap dalam penanganan bencana banjir dan antisipasi gangguan Kamtibmas.

Selain itu, Kapolres Touna juga mendengarkan sejumlah pertanyaan dan keluhan dari warga masyarakat seperti laka lantas, terkait gangguan Kamtibmas, penangkapan ikan di wilayah kepulauan dengan menggunakan bom dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Polri, khususnya Polres Touna.

Terkait ucapan terimakasih dan apresiasi warga tersebut, AKBP Riski Fara Sandhy menyampaikan bahwa Polres Touna dan jajaran tidak hanya melakukan patroli rutin, akan tetapi dengan seiring berjalannya perkembangan, Kami juga melakukan coenter informasi atau berita di medsos yang akan menimbulkan hoax.

“Seperti informasi yang akan terjadi Tsunami, untuk mengcoenter informasi tersebut anggota Polres dan jajaran turun kelapangan mengupdate kejadian bahwa hal tersebut tidak benar. Begitu juga terjadi banjir anggota turun langsung membantu dalam mengevakuasi warga yang terkena musibah banjir,” ucap Kapolres.

Terkait gangguan Kamtibmas, kata AKBP Riski Fara Sandhy, Polres Touna bersama jajaran terus mengedukasikan kepada warga masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga lingkungan menjelang Bulan Suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Pemilu tahun 2024.

“Untuk itu, kami mengajak kepada warga masyarakat khususnya orang tua agar selalu mengawasi anak-anakanya, jangan sampai pamit untuk shalat tarawih mapun shalat subuh ke masjid padahal nongkrong di tempat lain atau melakukan balapan liar yang mengakibatkan kecelakaan dan lain-lain,” ujar Kapolres

Kapolres juga mengatakan, terkait penangkapan ikan di wilayah kepulauan dengan menggunakan bom, kami meminta kepada warga masyarakat untuk melaporkan kep Polsek atau langsung kepada saya.

“Kemudian terkait Narkoba, seandainya ada oknum Anggota Polres Touna yang terlibat Penyalahgunaan Narkoba, pihaknya bertindak tegas dan memproses oknum tersebut melakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH),” tegas Kapolres.

Sementara itu, Kasat Reskrim Iptu Muhammad Kasim mengajak kepada warga masyarakat untuk mejaga diri masing-masing, sehingga tidak tidak terjadi tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), dengan memperhatikan memarkir kendaraan pastikan terkunci stir, kalau ada pengaman diaktifkan dan betul-betul aman dari para pelaku kejahatan.

“Kami juga menggimbau kepada warga masyarakat agar waspada terkait penipuan orang lain melalui media sosial yang mengatasnamakan orang lain. Contohnya yang sudah terjadi pada Bapak Kapolres dan saya sendiri (Kasat Reskrim) memasang foto kita di profilnya padahal itu bukan kami atau orang lain,” Pesan Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menjelaskan, untuk pencegahan terkait dengan penipuan tersebut dengan cara menghubungi video call, kalau dia tidak video call, tidak mau angkat ada indikasi bahwa orang itu tersebut bukan orang yang sebenarnya, sehingga kita dapat terhindar dari penipuan melalui Whatsapp.

Sedangkan KBO Satlantas Ipda I Gusti Lanang Mardika menyampaikan, bahwa laka lantas yang terjadi di Kabupaten Touna baik pelaku maupun korbannya adalah anak-anak dibawah umur.

“Upaya pencegahan tersebut, kami melaksanakan program Goes To School dengan menyasar sekolah-sekolah Tingkat SLTA, SMP, SD hingga TK,” jelas KBO Satlantas.

Diakhir kegiatan Kapolres Touna juga menyampaikan hal paling penting dalam hal pencegahan laka lantas yaitu peran orang tua, kalau anaknya belum cukup umur jangan diberikan kendaraan, sehingga tidak terjadi kecelakaan.

“Kami berharap, mudah-mudahan selama Bulan Suci Ramadhan berjalan aman dan lancar kegiatan masyarakat bisa berkah dan menghadapi Pemilu kita terhindar dari hoax dan terpecah belah,” tutup Kapolres.*Humas*