BID HUMASSATKER

Polda Sulteng Membantu Memfasilitasi Eks Napiter Untuk Menciptakan Lapangan Kerja Mandiri

POSO, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Salah satu permasalahan yang dialami para mantan narapidana terorisme (napiter) adalah sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Salah satu eks napiter, Erwin Mardani alias Jodi, mengatakan, dalam situasi tersebut, sangat dibutuhkan bantuan pemerintah, sehingga para eks napiter yang baru bebas dapat segera memperoleh penghasilan.

“Selain itu juga dapat menyibukkan diri dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,” katanya, baru-baru ini.

Dengan demikian, kata dia, maka diharapkan akan berdampak pada situasi keamanan yang semakin kondusif disebabkan berkurangnya peluang bagi oknum tertentu untuk mengajak para eks napiter agar kembali melakukan aksi teror.

“Karena mereka terfokus kepada pekerjaan yang mereka geluti,” ujarnya.

Untuk itu pula, salah satu upaya yang dilakukan oleh Polri adalah membantu memfasilitasi eks napiter untuk menciptakan lapangan kerja mandiri dengan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah tempat eks napiter berdomisili.

Jodi bersama warga yang dibantu oleh Kepolisian kini telah mengelola lahan kosong yang ada di sekitar jalan Kabose Kayamanya Kecamatan Poso Kota untuk dimanfaatkan sebagai tempat pembuatan karamba ikan lele. (ab)