BID HUMASSATKER

15 Jurnalis dari Berbagai Media di Kota Palu Dilatih Menembak oleh Anggota Brimobda Polda Sulteng

Sigi, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Sebanyak 15 jurnalis dari berbagai media di Kota Palu dilatih menembak oleh anggota Brimobda Polda Sulteng. Latihan menembak ini dilakukan di lapangan tembak Mako Brimobda Sulteng di Desa Lero Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Rabu 10 Mei 2023.

Latihan ini merupakan bagian dari sinergitas antara anggota kepolisian dan jurnalis seperti halnya inisiatif Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Agus Nugroho dan Komandan Satuan (Dansat) Brimobda Sulteng Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat.

Belasan jurnalis ini dilatih menembak oleh instruktur Ipda Jofrie Surjadi Dapaherang dari Brimobda Sulteng yang juga adalah atlet menembak peraih juara 1 Kejuaraan Nasional Tembak Reaksi IPSC Level II Central Java Shooting, Championship 2021.

Ipda Jofrie Surjadi Dapaherang sendiri adalah Panit 1 Subden 1 Wanteror Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulteng.

Latihan ini juga sebagai bagian dari menyaring bakat masyarakat untuk menjadi atlet menembak dalam rangka memenuhi target prestasi di cabang olahraga ini.

“Menembak ini bukan hanya milik kami Polri dan juga TNI, tetapi sekarang sudah menjadi cabang olahraga prestasi sehingga semua masyarakat bisa terlibat, tentu dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Ipda Jofri.

Belasan jurnalis ini juga didampingi oleh sejumlah anggota Brimob yang juga memiliki keahlian menembak. Sebelum latihan, para jurnalis diberikan informasi awal mengenai prosedur keamanan menggunakan senjata sekaligus latihan membidik sasaran dengan tepat.

Terpantau sejumlah jurnalis masih tampak grogi memegang pistol pada saat latihan tersebut. Bahkan satu di antaranya tidak berhasil mengenai sasaran dari lima butir yang digunakan latihan.

Meski begitu, dalam penilaian, empat jurnalis berhasil memperoleh nilai tertinggi, yakni Rahman Odi dari Sea Today dengan nilai 36, Jemmy Hendrik dari iNews dengan nilai 32, Tahmil dari Referensia.id dengan nilai 31 dan Abdee Mari dari tvOne dengan nilai 30. (ab)