POLRESPOLRES SIGI

Melalui Problem Solving Babinkamtibmas Damaikan Kasus penganiayaan

SIGI, – Babinkamtibmas Desa Rejeki Kec. Palolo Kab. Sigi, Bripka Munawir Gazali bekerja sama dengan Bhabinsa melakukan problem solving terhadap warga yang bermasalah dalam kasus permasalahan penganiayaan yang dilakukan oleh saodara Jupi terhadap saodara Mensarius. Rabu, (14/06/2023) bertempat di kantor Kades Rejeki.

Turut hadir dalam penyelesaian kasus tersebut, Kades Rejeki dan kedua orang tua pelaku dan korban.

Pada kesempatan ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Babinkamtibmas Desa Rejeki Kec. Palolo Kab. Sigi, Bripka Munawir Gazali bekerja sama dengan Bhabinsa Melakukan koordinasi kepada Kepala Desa serta orang tua kedua belah pihak guna memfasilitasi mediasi terkait masalah kasus penganiayaan.

Babinkamtibmas menuturkan hendaknya agar kedua belah pihak dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan dimusyawarahkan dengan kekeluargaan sebelum di bawa ke ranah hukum.

Dari hasil mediasi ini, hasil perjanjian pun adalah kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan masalah ini dengan cara kekeluargaan serta selaku Terlapor mengakuai kesalahannya dan meminta maaf kepada korban dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi di kemudian hari serta menyanggupi biaya ganti rugi sebesar 3 juta rupiah terhadap korban. Sehingga kedua belah pihak telah bersepakat untuk damai dan Babinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tandatangani oleh pelapor, terlapor, orang tua dari kedua pemuda.

Ditempat terpisah Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H. Melalui kapolsek Palolo Haryadi, S.H. membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan babinkamtibmas, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus-kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat terselesaikan dengan cepat dan tidak menimbulkan konflik sosial, Jelas kapolsek Palolo.

Lanjut tidak lupa pula kapolsek Palolo Haryadi, S.H. Menghimbau kepada warga agar tetap menjaga Sitkamtibmas agar Tetap aman dan Kondusif.

[Humas Polres Sigi]