POLRESPOLRES TOLI-TOLI

Melalui Jumat Curhat, Kapolres Tolitoli Dengarkan Keluh Kesah Masyarakat Dengan Humanis

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Tim Jumat Curhat Polres Tolitoli mendengar berbagai keluhan Jamaah Masjid Baiturahman secara langsung melalui Program Jum’at Curhat di Masjid Baiturahman Kel. Tuweley Kec. Baolan Kab. Tolitoli, Jumat (23/06/ 2023).

Program ‘Jumat Curhat’ yang digagas Mabes Polri ini diperuntukkan bagi Polda, Polres, hingga Polsek, supaya Kepolisian menerima curhatan masyarakat terkait tugas anggota di lapangan termasuk memberi saran dan masukan atas hal yang dirasakan masyarakat.

“Kami berharap komunikasi yang aktif bersama warga bisa membuat kehadiran Polri di setiap aktifitas kegiatan masyarakat bisa bermanfaat,” kata Kapolres Tolitoli AKBP Ridwan Raja Dewa, SIK.

“Masyarakat dapat memberikan sejumlah aduan dan masukan di acara Jumat Curhat tersebut, menyampaikan keluhan yang terjadi di seputaran tempat tinggal warga” Ucapnya

Dalam Sambutan Kapolres Tolitoli mengatakan bahayanya peredaran Narkoba di sekitar lingkungan dan keluarga, kemudian predator anak yakni banyaknya perbuatan cabul dengan korban anak di bawa umur dimana kasusnya sangat meningkat di Kab. Tolitoli sehingga harapan Kapolres kepada masyarakat khususnya kepada orang tua agar menjaga dan mengontrol anaknya terutama anak gadis yang masih di bawah umur.

Adapun keluhatn Masyarakat yakni kepengurusan SIM agar lebih dipermudah dan di permurah, jawaqban Kapolres terkait dengan kepengurusan SIM disampaikan, biaya kepengurusan SIM telah diatur ketentuannya karena terkait pajak yang di bayarkan kepada negara yakni PNBP.

Kemudian masalah narkoba, bahwa di Kab. Tolitoli marak akan peredaran narkoba, kemudian meminta ke pada Kapolres agar menindak dengan tegas oknum – oknum terhadap penyalaan narkoba. Jawaban terkait penyalahgunaan narkoba   di Kab. Tolitoli apabila melibatkan oknum polisi agar melaporkan secara langsung terkait penyalahgunaan narkoba oleh siapapun dan akan merahasiakan identitas yang memberikan informasi, bahwa polres cukup tegas dalam penindakan penyalahgunaan narkoba terutama oleh oknum polisi di mana saat ini polres Tolitoli memproses salah satu oknum yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba untuk di proses pemecatan.

Selanjutnya di sampaikan pula terkait dengan pelanggaran lalulintas, agar warga masyarakat mematuhi aturan lalulintas terutama memakai helm dan masalah knalpot bogar saat ini satuan lalulintas setiap saat melakukan razia dan melakukan pemusnahan knalpot bogar hasil penangkapan.

Kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat. Untuk bisa benar-benar menjadi pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat,” terang Ridwan.