BID HUMASGeneralNewsSATKER

DitBinmas Polda Sulteng Gelar Sosialisasi Pokdarkamtibmas di Gedung Aula Polres Donggala.

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dalam rangka penyegaran dan menambah wawasan anggota kelompok sadar kamtibmas di wilayah hukum Polres Donggala, digelar sosialisasi bagi anggota yang tergabung dalam Pokdarkamtibmas. Rabu (09/08/23). Pagi

Kegiatan yang berlangsung di Aula Mapolres Donggala dibuka oleh Subditbinpolmas Dit Binmas Polda Sulteng Kompol Dekmon AT, SH didampingi Wakapolres Donggala Kompol Nazarudin,S.H

Dalam kegiatan Sosialisasi ini dihadirkan narasumber dari Guru Besar Universitas Tadulako Palu Prof. Dr. Ir. H. Ramlan Ali, MP IPU Asean ENG selaku Ketua Pokdar Sulteng.

Kegiatan yang digelar digedung Aula Pertemuan Polres Donggala itu dihadiri oleh Kapolsek Jajaran Polres Donggala, Forum Kerukunan Umat Donggala, Aparat Pemerintah Desa Setempat, Tokoh Masyarakat dan anggota Pokdar Kamtibmas Kabupaten Donggala.

Wakapolres Donggala Kompol Nazarudin,S.H mengucapkan selamat datang dan terimakasih pada Prof. Ramlan selaku akademisi Untad yang memberikan materi/arahan tentang kelompok kesadaran kamtibmas ditingkat Kelurahan/Desa.

“Pokdar dibentuk untuk membantu tugas-tugas polisi, Pokdar Kamtibmas adalah organisasi non politik sifatnya sukarela, Pokdar Kamtibmas adalah Mitra Polri yang memiliki kewenangan terbatas, tidak boleh terlalu jauh masuk dalam penyelesaian masalah kriminalitas, Pokdar Kamtibmas ikut serta mengajak masyarakat patuh hukum sehingga terciptanya rasa aman dan tentram di tengah masyarakat,” ujar Prof Dr. Ir. H. Ramlan

Sementara itu Kapolres Donggala AKBP Efos Satria Wisnuwardhana,S.I.K.,M.I.K melalui Wakapolres Kompol Nazarudin,S.H menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik keberadaan  Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Donggala.

Sementara itu, Prof. Ramlan dalam arahannya menyampaikan tugas pokdar kamtibmas adalah pemantauan wilayah, pemolisian masyarakat dan melaporkan segala kejadian dengan benar kepada Polri.

“Dengan pokdar, kita berharap masyarakat dapat paham fungsinya, Merupakan mitra Polri yang ada didesa/kelurahan yang berfungsi menyelesaikan masalah tanpa harus membawa ke Polsek atau Polres,” jelasnya.

“Pemda Kabupaten Donggala  akan mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokdar Kamtibmas,” pungkasnya. (ab)