GeneralNewsPOLRESPOLRES TOLI-TOLI

Kapolres Tolitoli Ajak Bupati & Danlanal Tolitoli Tanam Mangrove di Bibir Pantai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Mendukung dan mensukseskan program Kapolri terkait upaya melestarikan negeri melalui penghijauan sejak dini, Polres Tolitoli turut melakukan aksi penanaman ratusan pohon di bibir Pantai Kampung Pajala Lokasi Gedung Maramba Baolan, Jumat (18/08/2023).

Kapolres Tolitoli AKBP Bambang Herkamto, S.H. menyebutkan aksi penanaman pohon ini selain sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan program Kapolri juga sebagai upaya kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam salah satunya mengurangi pemanasan global.

Aksi peduli penghijauan ini, lanjut AKBP Bambang Herkamto, S.H. tidak hanya dilaksanakan di Polres Tolitoli namun dilaksanakan di seluruh Polres se Sulawesi Tengah baik Polda hingga Polres dan Polsek. Penghijauan ini penting dilakukan guna menangani krisis lingkungan dan untuk pohon yang kita tanam adalah Pohon Mangrove, tuturnya.

Menurut Kapolres, mangrove merupakan ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, banjir, menjaga kualitas air pesisir dan konservasi keanekaragaman hayati.

Mangrove juga menjadi tempat penyimpanan karbon dan menyediakan bahan bahan alami penting serta menjadi sumber mata pencarian bagi jutaan orang.

Kerusakan mangrove antara lain disebabkan oleh adanya konversi lahan mangrove menjadi penggunaan lain, Ilegal loging, ilegal mining, hama penyakit, pencemaran dan perluasan tambak serta praktek budidaya yang tidak berkelanjutan.

“Hal ini telah menyebabkan deforestasi ekosistem pesisir penurunan kualitas air dan polusi. Sehingga penanaman mangrove sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat karena pohon nangrove ini dapat mencegah abrasi yang terjadi di tepi pantai,” kata Kapolres seraya menyebut beberapa poin kegunaan mangrove bagi dunia.

Kapolres mengatakan penanaman bibit mangrove ini masih rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 sekaligus Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 71. Karena itu Ketua Bhayangkari Polres Tolitoli, Dian Bambang Herkamto serta beberapa anggota Bhayangkari juga ikut hadir dalam kegiatan ini.

Selain Kapolres dan ketua Bhayangkari hadir pada kegiatan ini, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli, Albrtinus P. Napitupulu S.H, M.H, Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Suharto serta beberapa Forkopimda serta PJU dan Personel Polres Tolitoli.